Panitia Hari Jadi Tasikmalaya Harapkan Kucuran Dana Dari Sponsor

Senin, 08 Juli 2019 21:01 D. Farhan Kamil Daerah

Panitia Hari Jadi Tasikmalaya Harapkan Kucuran Dana Dari Sponsor

 

Koropak.co.id - Rencana gebyar kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 yang diperkirakan bakal menelan biaya hingga Rp 2,2 milyar, hingga kini masih belum final. Hal tersebut berdasarkan kepada pertimbangan ketersediaan anggaran yang saat ini masih dalam proses pengupayaan.

Ketua panitia Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, H. Safari Agustin mengaku, rencana penyelenggaraan kegiatan rangkaian hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 tahun 2019 yang bakal menelan biaya sebesar Rp 2,2 milyar itu bersifat tidak mengikat.

Artinya, jika anggarannya tersedia sesuai harapan, maka seluruh rencana kegiatan untuk memeriahkan hari jadi, akan direalisasikan.

"Semua kegiatan rangkaian hari jadi itu kan baru rencana dan tidak mengikat. Dengan kata lain, program-program kegiatan rangkaian hari jadi tidak mutlak terlaksana seluruhnya. Semua kegiatan berbasis anggaran. Artinya, berapapun anggaran yang terkumpul dari para pengusaha atau sponsor ya itu yang akan dioptimalkan dalam bentuk kegiatan," kata Safari, Senin (8/7/2019).

Menurutnya, anggaran yang telah tersedia untuk kegiatan rangkaian hari jadi adalah sebesar Rp 500 juta yang telah dipos di tiga dinas atau instansi. Antara lain di Disparpora Rp. 200 juta, Disperindag Rp 200 juta dan Kantor Lingkungan Hidup Rp 100 juta.

"Kita dari panitia terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti para pengusaha untuk turut menjadi sponsorship. Kita ajak mengikuti pameran lalu kita berikan space dan mereka berpromosi. Maka dari pemasukan anggaran melalui cara kerjasama ini, kita maksimalkan untuk melaksanakan kegiatan," ucapnya.

Ditambahkan, kebutuhan anggaran terbesar adalah untuk bazaar, tenda dan beragam atraksi warga.

 

Koropak.co.id - Panitia Hari Jadi Tasikmalaya Harapkan Kucuran Dana Dari Sponsor (2)

 

Baca : Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya Dipastikan Lebih Meriah

 

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Singaparna, Teten Sudirman menyebutkan, keinginan Bupati Ade agar dalam peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya 2019 tampil beda melalui gebyar acara rakyat, merupakan hal yang wajar.

Hal tersebut mengingat peringatan hari jadi tahun ini menjadi peringatan kali pertama pada masa kepemimpinannya.

Namun kata Teten, tentu saja pemerintah harus tetap mempertimbangkan kemampuan anggaran daerah. Jangan sampai mengganggu kepentingan publik atau pihak lain.

"Kegiatan acara-acaranya diharapkan dikemas seefisien mungkin yang tidak terlalu memerlukan banyak anggaran, seperti mengundang artis-artis ibukota. Tampilkan saja seni kekayaan daerah sendiri, sekaligus jadikan sebagai ajang promosi kepariwisataan daerah," katanya.*

 

Baca : Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya Harus Beda