Penyidik Tipikor Mabes Polri Gadungan, Diringkus

Senin, 08 Juli 2019 22:18 D. Farhan Kamil Daerah

Penyidik Tipikor Mabes Polri Gadungan, Diringkus

 

Koropak.co.id - Beragam cara tipu muslihat yang dilakukan orang untuk memuluskan aksi kejahatannya. Seorang pria berbadan tegap akhirnya diringkus jajaran Reskrim Polres Tasikmalaya, Senin (8/7/2019) siang, menyusul salah seorang perempuan, Ny Anah (45) warga Tonjolaya Desa Mangunreja, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, melaporkan kejadian pencurian di rumahnya yang dilakukan oleh seorang yang mengaku Polisi.

Tidak butuh waktu lama, beberapa jam setelah menerima laporan, Satuan Reskrim Polres Tasikmalaya bergerak dan mengendus keberadaan pelaku pencurian dengan ciri-ciri yang dibeberkan korban.

"Hari ini, kita menangkap pelaku pencurian yang awalnya diduga berprofesi sebagai Polisi. Dari tangan pelaku yang diketahui bernama Dedi Irawan (40) warga Desa Mekargalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut ini, kita amankan barang bukti berupa perhiasan milik korban," kata Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP Pribadi Atma.

Dijelaskan, awal kejadiannya ketika pelaku yang mengaku sebagai anggota penyidik Tipikor Mabes Polri berpangkat Ajun Inspektur Satu (AIPTU) ini, mengungkapkan ketertarikannya terhadap rumah milik korban yang akan dijual.

"Penampilan pelaku memang cukup meyakinkan. Selain memasang lencana Polri di baju premannya, ia juga membawa borgol dan pistol mainan korek api dengan menyematkan enam butir peluru tajam asli kaliber 38 dan 1 butir peluru karet yang berderet di sarung pistol," ujar Pribadi.

 

Koropak.co.id - Penyidik Tipikor Mabes Polri Gadungan, Diringkus (2)

 

Baca : Sadis, Sopir Taksi Online di Tasikmalaya Dibacok Teman Sendiri

Pelaku kemudian meminta korban mengizinkan menginap di rumah tersebut dalam satu malam dengan tujuan untuk merasakan suasana rumah yang akan ia beli. Tanpa menaruh curiga, korban pun mempersilahkannya.

Keesokan harinya, tepatnya pagi-pagi korban sudah tidak lagi melihat pria tersebut di rumahnya. Yang lebih kaget ketika ia mendapatkan seluruh perhiasan berupa cincin dan gelang serta perhiasan emas lainnya sudah raib dari lemari.

"Kita akan terus memeriksa dan mendalami untuk membuktikan apakah pelaku ini sendirian atau tidak. Termasuk kita akan periksa darimana keenam butir peluru tajam ia dapatkan," tuturnya.

Ditambahkan, hasil investigasi menyebutkan bahwa pelaku merupakan residivis yang baru keluar dari penjara sebulan lalu dengan modus yang sama di wilayah Ciamis.

"Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana dan UU darurat tentang kepemilikan peluru ancaman lima tahun penjara," ucapnya.*


Baca : Polisi Bekuk Pembobol Brankas Minimarket

 


Berita Terkait