Diskominfo Garut Gelar Pelatihan Pengelolaan Website

Selasa, 09 Juli 2019 18:55 Dedi Sofwan Daerah

Diskominfo Garut Gelar Pelatihan Pengelolaan Website

 

Koropak.co.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Garut menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan Content Management System (CMS) dalam pembuatan website yang bertempat di Aula Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG), Jalan Mayor Syamsu Nomor 1, Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).

Pelatihan ini diikuti puluhan peserta dari dinas, kecamatan dan kelurahan se-Kabupaten Garut yang digelar selama tiga hari ke depan, hingga Jumat (12/7/2019).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Nurdin Yana menjelaskan pemanfaatan teknologi informasi terus berkembang pesat. Pemerintah pusat juga mendorong setiap pemerintah daerah untuk menggunakan sistem informasi berbasis elektronik atau biasa disebut e-government dalam menjalankan roda pemerintahan, khususnya layanan kepada masyarakat.

"E-Goverment menjadi langkah untuk mewujudkan smart city. Oleh sebab itu, pelatihan pembuatan website ini sangat bermanfaat sebagai pembekalan SDM di dinas dan instansi pemerintahan agar penguasaan teknologi bisa dilakukan semua elemen," katanya.

 

Koropak.co.id - Diskominfo Garut Gelar Pelatihan Pengelolaan Website (2)

 

Baca : Diskominfo Terjun aktif Bersihkan Lingkungan

Nurdin berharap melalui pelatihan tersebut setiap peserta dapat menguasai pembuatan website sendiri sehingga tidak perlu bergantung kepada pihak lain dalam pembuatan maupun pengelolaannya.

"Sebagai contoh, di suatu kelurahan yang belum memiliki website namun memiliki produk unggulan, jika dijual di daerah produk mereka dihargai rendah namun jika produk mereka dijual di kota akan dihargai jauh lebih mahal. Setelah dibuat website dan produk tersebut dipasarkan melalui website, kesenjangan harga tersebut hilang," ujar Nurdin.

Ke depan kata Nurdin, Diskominfo Kabupaten Garut akan terus melakukan pelatihan yang berkaitan dengan teknologi sampai ke desa, sehingga penyebaran informasi bisa sampai ke masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepemerintahan Elektronik, Asep Nugraha didampingi Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Wahyudin, sangat mendukung pelaksanaan pelatihan tersebut, mengingat arus informasi yang sangat cepat di era globalisasi seperti saat ini perlu diikuti guna dapat dimanfaatkan dalam rangka pelayanan publik kepada masyarakat.

"Saya harap para peserta dapat menyerap ilmu dari pelatihan ini, serta menggunakannya untuk kemajuan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.*

 

Baca pula : Hari Anak Nasional Pacu Spirit Anak Agar Rajin Membaca

 


Berita Terkait