Pangdam III/Siliwangi Buka TMMD di Sumedang

Selasa, 09 Juli 2019 19:00 Dedi Sofwan Provinsi

Pangdam III/Siliwangi Buka TMMD di Sumedang

 

Koropak.co.id - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama kementerian atau lembaga non kementerian serta segenap komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam akselerasi pembangunan di suatu daerah.

Program TMMD ini mengedepankan kepentingan masyarakat. Guna mendukung keberhasilan program tersebut dibutuhkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat dalam memelihara kemitraan, kemandirian menuju kearah perubahan yang lebih baik, seperti kemajuan wilayah serta mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat.

Tujuan umum dari kegiatan TMMD yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

 

Koropak.co.id -  Pangdam IIISiliwangi Buka TMMD di Sumedang (2)

 

Baca : Tuntas, Pangdam III Tutup TMMD Garut

Hal tersebut dijelaskan Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono, saat membuka kegiatan TMMD ke-105 di Kampung Suka Maju, Desa Padanaan, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).

"TMMD ke-105 bertujuan memelihara wujud gotong royong masyarakat agar tetap terpelihara, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tema TMMD ke-105, yakni 'Bersama TMMD Membangun Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat'," kata Pangdam.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum menuturkan program TMMD menjadi upaya untuk meningkatkan pertumbuhan masyarakat, baik itu akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Hal yang tak kalah pentingnya dari kegiatan ini adalah aktualisasi budaya gotong royong yang merupakan nilai luhur bangsa Indonsia.

"Diharapkan masyarakat desa yang terisolir bisa merasakan pemerataan pembangunan untuk meningkatkan taraf hidupnya," katanya.*

 

Baca pula : Wagub Jabar Buka TMMD ke-104