MTQ Ciamis, Harapan Lahirnya Qori Berprestasi Asal Ciamis

Rabu, 10 Juli 2019 13:24 Hazna Fairuz Daerah

MTQ Ciamis, Harapan Lahirnya Qori Berprestasi Asal Ciamis


Koropak.co.id - Sebanyak 27 kafilah melakukan pawai ta'aruf dalam menyambut MTQH XLII yang digelar di Alun-Alun Kawali, Ciamis Jawa Barat pada Selasa (9/7/2019). Menjelang lomba MTQH ini diharapkan peserta dari Ciamis bisa merambah ke tingkat nasional.

Kafilah yang datang dari 27 kecamatan se-Kabupaten Ciamis ini melakukan pawai ta'aruf yang disambut Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, serta unsur Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Ciamis.

Lebih uniknya lagi, dalam pawai ta'aruf tersebut, para kafilah menampilkan berbagai kreativitasnya, mulai dari parade marching band, hingga iring-iringan hasil industri UMKM dari rombongan kafilah asal Kecamatan Cikoneng.

 

Koropak.co.id -  MTQ Ciamis, Harapan Lahirnya Qori Berprestasi Asal Ciamis (1)

 

Baca : Bupati Ade Buka MTQ Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Agus Abdul Kholik menuturkan pada tahun 2020 STQH sebagai cabang lomba hadits di MQTH dibagi dalam 2 kategori, yakni hafalan 500 hadits dan hafalan 100 hadits.

"Pada tahun 2018 lalu ada qori dari Ciamis yang berprestasi di tingkat nasional. Sebelumnya, qori asal Ciamis, Zainal Abidin menjuarai MTQ Internasional di Turki tahun 2016 lalu. Kita harapkan di tahun 2019 ini, peserta asal Ciamis yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional bisa lebih bertambah lagi," kata Agus.

Agus berharap digelarnya MTQH tingkat Kabupaten Ciamis ini bisa melahirkan qori dan qoriah di Ciamis yang pandai bertilawah. MTQH juga diharapkan dapat melahirkan ahli kaligrafi, tafsir dan hadist.

“Di Ciamis memiliki banyak pesantren, sehingga banyak potensi dari santri maupun pelajar untuk lebih dikembangkan menjadi qori dan qoriah yang berkualitas dan berpestasi. Nantinya mereka bisa mewakili Ciamis di ajang nasional dan Internasional,” ujarnya.*

 

Baca : Bupati Tasikmalaya Dukung Penuh Pelaksanaan MTQ 2019

 


Berita Terkait