Inspiratif, Kisah Tukang Rumput di Tasikmalaya Berhasil Berangkat Haji

Kamis, 11 Juli 2019 15:34 D. Farhan Kamil Daerah

Inspiratif, Kisah Tukang Rumput di Tasikmalaya Berhasil Berangkat Haji


Koropak.co.id - Kisah perjuangan di balik rencana keberangkatan pasangan suami istri (pasutri) ke tanah suci untuk menjalankan perintah Ilahi, menginspirasi umat Islam khususnya di Kabupaten Tasikmalaya untuk menunaikan ibadah haji, rukun Islam kelima.

Bagaimana tidak, perjuangan panjang dan melelahkan yang dialami Saefudin alias Mang Ujang (56) dan istrinya, Ma Hani (70) warga Kampung Lengkong Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya ini, telah mengantarkan keduanya menjadi tamu Allah SWT yang akan berangkat pada tanggal 19 Juli 2019, tergabung dalam kloter 43.

Di tengah-tengah keterbatasan ekonomi, kedalaman niat dan kebulatan tekad memenuhi panggilan Ilahi, mendorong pasutri ini berjuang keras mengumpulkan pundi-pundi selama belasan tahun walau hanya mengandalkan secuil penghasilan dari membersihkan rumput-rumput liar di kebun milik tetangga, itupun sesuai pesanan.

 

Koropak.co.id - Inspiratif, Kisah Tukang Rumput di Tasikmalaya Berhasil Berangkat Haji (2)

 

Baca : Penambaha Kuota Haji Kabupaten Tasikmalay 11 Orang

Dari penghasilan tidak lebih dari 65 ribu untuk keduanya, paling tidak mereka mampu menyisihkan Rp 10 ribu sisa-sisa belanja kebutuhan hidup, untuk mereka tabungkan minimal setiap minggu sejak tahun 2000 lalu.

"Hari ini, kami undang mereka untuk mengisahkan perjuangan keduanya di hadapan seluruh insan Kemenag. Ini sangat mengharukan dan tentu saja menginspirasi kami bahwa ketika ada niat dan tekad kemudian terus berusaha mewujudkan cita-cita mulia, maka Allah SWT membukakan jalan," kata Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.P, seusai memberikan bantuan perbekalan untuk keduanya di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/7/2019).

Ditambahkan, walau keduanya mengaku belum memiliki bekal untuk berangkat ke tanah suci, tetapi keteguhan jiwa dan kepasrahan hati menjadikan mereka tetap tegar. "Alhamdulillah, hari ini kami bisa berbagi dengan memberikan bantuan perbekalan alakadarnya kepasangan pasutri ini, sebagai bentuk kebahagiaan kami atas perjuangan keduanya," ujarnya.*

 

Baca : Bupati Ade, Besok Lepas 404 Calon Haji Kabupaten Tasikmalaya