Puncak Memory of Galunggung, Introspeksi Atas Musibah Galunggung

Sabtu, 13 Juli 2019 16:07 Dede Hadiyana Daerah

Puncak Memory of Galunggung, Introspeksi Atas Musibah Galunggung


Koropak.co.id - Memory of Galunggung memasuki acara puncak dengan agenda istighosah akbar dalam lingkup Gandrung Mulasara yang berlangsung di Kawasan Geopark Galunggung, yang berlokasi di Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu (13/7/2019).

Istighosah Akbar diikuti oleh segenap masyarakat setempat, khususnya warga yang telah mengikuti kegiatan karnaval budaya.

Dijumpai Koropak selepas istighosah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Iin Aminudin mengatakan bahwa istighosah ini merupakan puncak acara MoG 2019
dimana dalam rangka memperingati meletusnya gunung Galunggung 1982 silam.

"Istighosah ini juga sebagai salah satu cara untuk instropeksi diri serta lebih mendekatkan diri juga kepada Allah SWT agar atas apa yang telah Allah berikan kepada kita agar menjadi bekal ibadah," ujarnya.

 

Koropak.co.id -  Puncak Memory of Galunggung, Introspeksi Atas Musibah Galunggung (2)

 

Baca pula : Memory of Galunggung Upaya Kembalikan Kebudayaan Para Leluhur

 

Ke depan, ucap Sekda, bahwa pariwisata itu multi namun jangan sampai mengganggu etika yang di warga lokal. Aktivitasnya harus disesuaikan dengan kondisi yang ada di masyarakat sekitarnya.

"Jangan sampai mengusik kebiasaan warga masyarakat yang sudah ada sebelumnya karena sangat terlihat jelas partisipasi dari masyarakat sangat tinggi dalam acara ini seperti apa kita saksikan tadi dalam karnaval budaya," katanya.

Sekda berharap agenda Memory of Galunggung tahun depan harus lebih banyak lagi masyarakat yang terlibat baik lokal maupun dari luar daerah untuk bersama-sama memajukan potensi kebudayaan yang ada di Tasikmalaya.

"Bahkan ke depan kita harusnya dengan meningkatkan aktivitas kebudayaan yang nantinya kita mengarah kepada agenda nasional," ucapnya.*

 

Baca : Promosi Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya 

 


Berita Terkait