Lulusan SMAN 1 Garut Raih Beasiswa Pendidikan Tinggi di Bangladesh

Minggu, 14 Juli 2019 15:03 Dedi Sofwan Provinsi

Lulusan SMAN 1 Garut Raih Beasiswa Pendidikan Tinggi di Bangladesh

 

Koropak.co.id - Lulusan SMAN 1 Garut kembali menorehkan prestasi di tingkat international. Adalah Noorhaliza Putri Fadhila, siswi kelas XII IPA 6 yang telah mengikuti 3 tahapan seleksi dan dinyatakan lulus untuk mendapatkan beasiswa Scholarship Asian University for Women (AUW) Bangladesh.

Dijumpai Koropak di kediamannya yang beralamat di Jalan Sadahurip Nomor 40 B, RT 05/ RW 05, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019), Noorhaliza Putri Fadhila mengaku senang telah lulus seleksi program beasiswa AUW jurusan Politic Philosophy.

Dijelaskan Putri, dari seleksi akhir yakni wawancara melalui teleconference yang dilaksanakan di Tikomdik Dinas Pendidikan Jawa Barat, dari 26 peserta se-Indonesia, perwakilan dari provinsi Jawa Barat hanya lulus 3 orang termasuk dirinya.

"Saya salah satunya. Dua lagi adalah Untari Eka Setiawati dari SMK Yuptentek 5 Curug Kabupaten Bogor, dan Rena Santika dari SMAN 1 Cisaat Kabupaten Sukabumi," ujarnya.

Saat ini, kata Noorhaliza, ia tengah mengurus dokumen keberangkatan dan medical check up.  "Karena Agustus 2019 ini saya harus berangkat ke Bangladesh," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Lulusan SMAN 1 Garut Raih Beasiswa Pendidikan Tinggi di Bangladesh (2)

 

Baca : SMAN 1 Garut Komitmen Cetak Lulusan Terbaik

 

Menurut Noorhaliza ada beberapa kendala dalam rencana keberangkatannya ke Bangladesh yakni masalah biaya keberangkatan dan biaya hidup selama di Bangladesh.

"Untuk biaya pendidikan selama kuliah sudah ditanggung oleh AUW. Apakah mungkin Pemkab Garut dan Pemprov Jabar akan memberi tunjangan? Karena ketika saya mulai perkuliahan, ayah saya sudah pensiun," tuturnya.

Noorhaliza juga menitipkan pesan bagi adik kelas angkatan selanjutnya untuk dapat mengikuti jejaknya meraih cita-cita pendidikan yang luhur.

"Aktiflah belajar bahasa Inggris karena saya juga terpanggil oleh AUW Bangladesh berkat prestasi menjuarai berbagai ajang English Contest. Terakhir saya mewakili SMAN 1 Garut pada English Contest di UPI Bandung, dan menjadi 5 besar tingkat Nasional News Casting 2018," ucapnya.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Garut, Drs. H. Achdiat Kusdani, M.Pd mengaku bangga karena Noorhaliza bisa mewakili Jawa Barat untuk mendapatkan beasiswa ke Bangladesh.

"Pencapaian ini akan menjadi pelopor untuk adik-adiknya di masa yang akan datang. Sehingga alumni SMAN 1 Garut bukan hanya bisa melanjutkan studi di Indonesia saja tetapi bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri. Tercatat tahun ini, ada 3 siswa yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri," ucapnya.*

 

Baca : Berbagi Kiat Sukse Kuliah Di Luar Negeri