Lahan Pertanian Kian Sempit, Dewan Kaji Raperda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjuta

Selasa, 16 Juli 2019 19:08 Eris Kuswara Parlemen

Lahan Pertanian Kian Sempit, Dewan Kaji Raperda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjuta


Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ichwan Shafa mengapresiasi Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Jawa Barat yang berlangsung di Lapangan Dadaha Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (16/7/2019). Menurutnya, dengan adanya peringatan HKP tersebut, diharapkan mampu membuat para petani lebih maju dan sejahtera.

Ditambahkan Ichwan, peringatan HKP diharap bisa menjadi spirit bagi para petani untuk bisa berkembang, juga menjadi dorongan bagi pemerintah daerah untuk berinovasi melahirkan para petani milenial.

"Saat ini diperlukan inovasi agar bisa melahirkan para petani milenial yang mengikuti perkembangan zaman. Sehingga para petani khususnya di Kota Tasikmalaya, mampu bersaing dengan para petani di luar Kota Tasikmalaya," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Lahan Pertanian Kian Sempit, Dewan Kaji Raperda Hak Petani Berkelanjutan (2)

 

Baca : Hari Krida Nasional Disambut Baik DPRD Kota Tasikmalaya

 

DPRD, kata Ichwan, senantiasa melihat kondisi yang sedang dihadapi di dunia pertanian saat ini, terutama permasalahan tergerusnya lahan pertanian akibat pembangunan kota yang terus berkembang pesat.

"Tentunya kami mendorong kemajuan di bidang pertanian melalui perda, salah satunya Perda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang saat ini tengah kami kaji. Melalui perda tersebut, kami ingin hadir untuk bisa melindungi para petani," katanya.

Melindungi, kata Ichwan, dalam arti memastikan lahan pertanian dapat terlindungi dan pemerintah dapat melaksanakan kewajibannya bagi para petani.

"Kami telah mengkaji Perda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Saat ini hanya menunggu dari pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk bisa dibahas bersama. Semoga tahun ini bisa terwujud," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Harap Generasi Muda Jangan Anti Akan Dunia Pertanian

Lihat : Kesejahteraan Petani Dorong DPRD Terbitkan Raperda


Berita Terkait