Wakil Gubernur Jawa Barat Dorong Lahirnya Petani Milenial

Selasa, 16 Juli 2019 20:52 Eris Kuswara Provinsi

Wakil Gubernur Jawa Barat Dorong Lahirnya Petani Milenial


Koropak.co.id - Para petani didorong untuk bisa melahirkan petani milenial. Hal tersebut sangat penting sebagai upaya adanya regenerasi petani. Untuk mewujudkan petani milenial, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan dukungan, salah satunya dengan menyediakan SMK-SMK jurusan pertanian di berbagai kota maupun kabupaten di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum kepada Koropak setelah membuka peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Lapangan Dadaha Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (16/7/2019).

"Untuk mewujudkan petani milenial, kami akan memberikan alat-alat pertanian yang modern. Anak muda zaman sekarang tidak ingin bertani karena tidak mau terkena kotor, oleh sebab itu, dengan adanya alat pertanian yang modern, tentunya akan menjadi daya tarik kaum milenial untuk masuk ke dalam dunia pertanian," kata Wagub Uu.

 

Koropak.co.id - Wagub Jabar Dorong Lahirnya Petani Milenial (2)

 

Menyoal masalah kekeringan yang terjadi saat ini, Wagub Uu menuturkan Jawa Barat sudah melaksanakan panen seluas 1 hektare. Dengan demikian secara otomatis mampu menghasilkan padi minimal 6 hingga 7 juta ton. Artinya stok pangan di Jawa Barat saat menghadapi musim kemarau sudah aman.

"Kami juga memberikan bantuan kepada para petani yang membutuhkan. Harapan kami pihak kabupaten dan kota di Jawa Barat sebelum meminta ke provinsi, pemerintah di daerah harus mampu memenuhinya terlebih dahulu," katanya.

Saat ini, ucap Wagub Uu, Pemprov Jabar juga tengah fokus mengatasi masalah yang terjadi di wilayah Indramayu karena dikarenakan irigasinya belum maksimal, maka ketika hujan tiba membuat lahan tergenang.

"Untuk permasalahan kritis yang terjadi saat ini terletak pada sektor pertanian pesawahan saja karena kebutuhan untuk rumah tangga masih aman. Meski tidak dapat dimungkiri lahan pertanian di wilayah Jawa Barat berkurang hampir 10 persen per-tahun dikarenakan pembangunan," ujarnya.

 

 Koropak.co.id - Wagub Jabar Dorong Lahirnya Petani Milenial (3)

 

Baca : Dewan Harap Generasi Muda Jangan Anti Akan Dunia Pertanian

 

Oleh karena itu, tutur Wagub Uu, Pemprov Jabar akan memacu untuk lahirnya sawah-sawah baru, serta mendorong pemerintah daerah melahirkan Perda Sawah Abadi seperti yang sudah ada di tingkat provinsi.

Termasuk juga Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRTW), yang harus segera diselesaikan agar ada batasan untuk tidak membangun di lahan sawah yang produktif.

"Nantinya, akan ada 2 benteng yang bisa menahan lajunya pembangunan di sawah-sawah yang produktif yaitu Perda Sawah Abadi dan Perda RTRW.*

 

Baca : Lahan Pertanian Kian Sempit, Dewan Kaji Raperda Hak Petani Berkelanjutan

 


Berita Terkait