Anggota TNI di Garut Sambangi Sekolah, Sampaikan Wawasan Kebangsaan

Selasa, 16 Juli 2019 21:20 Dedi Sofwan Daerah

Anggota TNI di Garut Sambangi Sekolah, Sampaikan Wawasan Kebangsaan


Koropak.co.id - Kodim 0611/Garut melalui 23 Koramil di jajarannya memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa baru di tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Garut.

Selain memberikan materi wawasan Kebangsaan, juga diberikan materi pentingnya mempertahankan ideologi Pancasila, serta wawasan tentang efek pergaulan bebas yang semakin merajalela di kalangan remaja.

Dandim 0611/Garut Letkol Inf. Arysaf Aziz, S.Sos menuturkan tujuan disampaikannya wawasan kebangsaan kepada siswa SMP dan SMA agar ke depan, anak-anak bangsa menjadi tahu dan mengerti akan sejarah bangsa Indonesia, khususnya tentang penjajahan yang dilakukan Belanda dan Jepang yang telah menyebabkan gugurnya para pahlawan bangsa.

"Termasuk juga catatan sejarah yang telah mencatat bahwa bangsa ini berulangkali pernah dirongrong seperti oleh PRRI, DI/TII, APRA ataupun oleh pihak lainnya. Juga tak kalah pentingnya PKI yang ingin merubah ideologi negara Indonesia dari Pancasila menjadi ideologi Komunis," katanya.

 

Koropak.co.id - Anggota TNI di Garut Sambangi Sekolah, Sampaikan Wawasan Kebangsaan

 

Baca : Dandim Tegaskan TNI Jangan Khianati Bangsa

Para pejuang terdahulu, kata Arysaf, mengharapkan generasi muda menjadi generasi penerus bangsa untuk bisa menjaga NKRI dari tangan penjajah, baik dari pihak asing maupun bangsa sendiri.

Terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Garut, Cecep R Rusdaya menjamin tidak ada perpeloncoan kepada siswa baru di tingkat SMA di Kabupaten Garut selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"Dalam pelaksanaan MPLS, pihak sekolah selalu menghadirkan pemateri dari luar, di antaranya dari jajaran TNI, Kepolisian dan BNN," ucap Cecep saat dijumpai Koropak saat di Kampus SMAN 15 Garut, Jalan Pembangunan Nomor 91 Tarogong Kidul Kabupaten Garut, Selasa (16/7/2019).*

 

Baca pula : Dandim 0611/Garut Tausyiyah di Kuliah Subuh


Berita Terkait