Potensi Pertanian di Kota Tasikmalaya Mencapai 65 Persen

Selasa, 16 Juli 2019 21:56 Erni Nur'aeni Daerah

Potensi Pertanian di Kota Tasikmalaya Mencapai 65 Persen


Koropak.co.id - Dalam peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Lapangan Dadaha Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (16/7/2019), Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman menuturkan potensi lahan pertanian di Kota Tasikmalaya mencapai 65 persen sehingga ke depannya Kota Tasikmalaya dapat dijadikan salah satu lumbung tani, sumber kemajuan dunia pertanian di wilayah Jawa Barat.

"Walaupun dalam visi kami, Kota Tasikmalaya merupakan kota jasa, perdagangan dan industri, namun lebih dari 65 persen potensinya masih berupa pertanian. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Tasikmalaya juga tercatat 5,8 persen di sektor pertanian, termasuk 35 persen memanfaatkan lahan yang ada sehingga produktvitasnya bisa ditingkatkan," katanya.

 

Koropak.co.id - Potensi Pertanian di Kota Tasikmalaya Mencapai 65 Persen (3)

 

Baca : Dewan Harap Generasi Muda Jangan Anti Akan Dunia Pertanian

 

Peringatan HKP, kata Walikota, menjadi bahan evaluasi bagi pertanian Kota Tasikmalaya, dalam mewujudkan program-program pertanian, sehingga dapat turut berkontribusi dalam majunya sektor pertanian di Jawa Barat.

"Dengan lahan yang terus berkurang saat ini, kami akan pacu peningkatan pemanfaatan teknologi dalam pertanian. Sehingga produktivitas pertanian akan meningkat," katanya.

Selain kuantitas, kata Walikota, turut diperhatikan pula kualitas hasil taninya, sehingga akan menghasilkan produk pertanian dengan daya saing dan daya jual yang tinggi dengan harapan dapat masuk ke pasar ekspor.

 

Koropak.co.id - Potensi Pertanian di Kota Tasikmalaya Mencapai 65 Persen (2)

 

Baca : Wakil Gubernur Jawa Barat Dorong Lahirnya Petani Milenial

 

"Sejalan dengan program Pemprov Jabar, kami akan mencetak petani-petani muda yang akan terus didampingi Dinas Pertanian sehingga petani milenial tersebut dapat berhasil di bidang pertanian," ucap Walikota.

Pemerintah Kota Tasikmalaya juga akan memberikan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi pertanian di kalangan petani milenial. Termasuk dengan mengedukasi standar operasional pemanfaatan teknologi pertanian.

"Tantangan pertanian saat ini berkaitan dengan tenaga, waktu, cuaca, dan musim sehingga para petani milenial harus senantiasa dibimbing oleh para penyuluh pertanian.*

 

Baca : Lahan Pertanian Kian Sempit, Dewan Kaji Raperda Hak Petani Berkelanjutan

 


Berita Terkait