Dewan Harapkan Karang Taruna Jadi Motor Penggerak Generasi Muda Berwirausaha

Rabu, 17 Juli 2019 21:26 Clara Aditia Parlemen

Dewan Harapkan Karang Taruna Jadi Motor Penggerak Generasi Muda Berwirausaha


Koropak.co.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ir. Tjahja Wandawa menyambut baik dilantiknya pengurus baru Karang Taruna Kota Tasikmalaya. Menurutnya, pelantikan Karang Taruna haruslah menjadi spirit kebangkitan Karang Taruna untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan di Kota Tasikmalaya.

Dijumpai selepas Pelantikan Pengurus Baru Karang Taruna Kota Tasikmalaya masa bakti 2019-2024 yang digelar di Gedung Serbaguna Balekota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun, Bungursari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019), Tjahja menuturkan Karang Taruna yang memiliki landasan hukum Permensos, eksistensinya tidak boleh kalah dengan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Jangan sampai Karang Taruna hanya aktif di kegiatan-kegiatan olahraga didaerahnya. Justru, Karang Taruna harus bisa menjadi garda terdepan pemerintah dalam menggerakan generasi muda untuk lebih berkegiatan positif dan produktif," katanya.

 

Koropak.co.id - DDewan Harapkan Karang Taruna Jadi Motor Penggerak Generasi Muda Berwirausaha


Baca : Walikota Tasikmalaya Lantik Pengurus Karang Taruna Masa Bakti 2019-2024

Kini, kata Tjahja, saatnya merubah pola. Jangan sampai Karang Taruna hanya menunggu bantuan, baru berkegiatan. Justru, jadikan bantuan itu sebagai stimulan untuk lebih produktif lagi. Karang Taruna harus bisa menjadi motor penggerak pemuda untuk mau berwirausaha, sejalan dengan program Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Wirausaha Baru (WUB).

"Coba bayangkan, jika Karang Taruna mampu mengisi minimal 25 persen dari kuota WUB sebanyak 1.000 per-tahun. Hal itu bukan tidak mungkin mengingat Karang Taruna memiliki keanggotaan hingga tingkat RT dan RW. Kami percaya Karang Taruna bisa," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Dewan Harapkan Karang Taruna Berperan Aktif Dalam Pembangunan (3)


Baca : Karang Taruna Siap Berperan Aktif Dalam Pembangunan Kota Tasikmalaya

Selain melalui keikutsertaan dalam WUB, kata Tjahja, Karang Taruna juga bisa ikut berperan aktif mendukung pemerintah dalam berbagai program pembangunan. Misalnya, mengawal pelaksanaan dana kelurahan yang saat ini telah dialokasikan dalam APBD.

"Kami di dewan mengharapkan Karang Taruna bisa menjadi wadahnya kaum muda yang aktif dan progresif, menjadi mitra pemerintah dan mengawal implementasi kebijakan daerah. Kami juga bersyukur di jajaran majelis penasihat Karang Taruna Kota Tasikmalaya terdapat anggota DPRD Kota Tasikmalaya. Sehingga dapat menjadi sebuah kesempatan emas untuk lebih bersinergi antara Karang Taruna, legislatif, dan eksekutif," ucap Tjahja.*

 

 


Berita Terkait