Buka Program Diploma, Poltekpel Banten Cetak SDM Kelautan Kompeten

Jum'at, 19 Juli 2019 10:59 Dede Hadiyana Nasional

Buka Program Diploma, Poltekpel Banten Cetak SDM Kelautan Kompeten

 

 

Koropak.co.id - Dengan visi menjadi perguruan tinggi vokasi bertaraf internasional guna menghasilkan SDM yang berkarakter, memiliki kompetensi, berwawasan teknologi, modern, serta berdaya saing global, saat ini Politeknik Pelayaran Banten menyediakan program Diploma III.

"Adapun program Diploma III tersebut di antaranya program Diploma III Nautika, program Diploma III Permesinan Kapal, serta program baru yakni program Diploma III Manajemen Transportasi Laut (MTL)," ujar Direktur Politeknik Pelayaran Banten Joni Turiska, S.T.,M.Si.,M.Mar.E saat dikonfirmasi Koropak, Kamis (18/7/2019).

Nantinya, ucap Joni, lulusn MTL bukan hanya bisa bekerja di perusahaan pelayaran saja, namun juga disiapkan sebagai aparatur syahbandar, maupun menempati tugas lainnya yang berkaitan dunia maritim

"Kehadiran jurusan baru melengkapi jurusan yang sebelumnya sudah ada, yang akan menghasilkan lulusan kompeten untuk memenuhi dunia kerja di transportasi laut. Mereka yang akan bekerja di kapal niaga, baik sebagai operator maupun regulator di pemerintahan," katanya.

 

Koropak.co.id - Buka Program Diploma, Poltekpel Banten Cetak SDM Kelautan Kompeten (1)

 

Baca : Politeknik Pelayaran Banten Adopsi Sistem Digital Simulator

 

Tranformasi dari balai menjadi politeknik, kata Joni, juga mendorong Poltekpel Banten lebih banyak lagi menciptakan lulusan yang berkompetensi untuk mempercepat serapan SDM di dunia pelayaran.

"Upaya ini juga tertera dalam misi Poltekpel Banten, yakni menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayaran sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi untuk memenuhi standar kompetensi, baik nasional maupun internasional," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Kerjasama Politeknik Pelayaran Banten, Agus Pramono, SH., MM., menuturkan, baik Balai maupun Politeknik, sama-sama lembaga vokasi. Bedanya, balai tidak ada kompetensi D3 serta tidak menginduk ke Menristekdikti.

"Setelah bertransformasi menjadi Politeknik Pelayaran Banten maka sebagian mengadopsi dari Kemenristekdikti untuk mendapatkan ijazah Diploma III atau Diploma IV," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Buka Program Diploma, Poltekpel Banten Cetak SDM Kelautan Kompeten (3)

 

Baca : Inilah Transformasi Kelembagaan Politeknik Pelayaran Banten

 

Sebelumnya, kata Agus, saat menjadi Balai, para peserta mengikuti diklat selama 2,5 tahun dalam dua sistem pendidikan yakni 1,5 tahun pembekalan teori di kampus dan 1 tahun praktek di kapal. Setelah bertransformasi menjadi Politeknik, untuk kompetensi Diploma III para peserta mengikuti diklat selama 3 tahun dalam dua sistem pendidikan yakni 2 tahun pembekalan teori di kampus dan 1 tahun praktek di kapal.

"Terdapat materi tambahan untuk mendapatkan ijazah Diploma III yang dikeluarkan Politekpel Banten dan salah satu kelebihannya yakni ijazah atau sertifikat yang dikeluarkan tersebut berlaku global di seluruh negara di dunia," ujarnya.*

 

Lihat : BP2Ip Tangerang Wisuda SDM Palayaran Siap Bekerja