Program Rp 1,39 Miliar Per Kelurahan, Inilah Tanggapan Dewan

Jum'at, 19 Juli 2019 16:17 Clara Aditia Parlemen

Program Rp 1,39 Miliar Per Kelurahan, Inilah Tanggapan Dewan


Koropak.co.id - Pemerintah tingkat kelurahan di Kota Tasikmalaya patut berbahagia karena mulai tahun anggaran 2020, alokasi dana kelurahan di Kota Tasikmalaya mencapai Rp 96,3 miliar. Dengan kata lain, jika dibagi rata untuk 69 kelurahan di Kota Tasikmalaya, alokasi per kelurahan mencapai Rp 1,39 miliar.

Dijumpai Koropak selepas Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2020, yang digelar di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata, Indihiang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (19/7/2019) malam, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menilai pelaksanaan anggaran Dana Kelurahan harus diawasi agar hasilnya dapat efektif efisien.

"Di tahun 2020, mulai dialokasikan Dana Kelurahan yang besarannya 5 persen dari jumlah APBD dikurangi DAK, artinya mencapai Rp 1,39 miliar per kelurahan. Ini harus didorong dan diawasi supaya dapat diaplikasikan secara efektif, efisien, produktif, berdaga guna, dan berhasil guna," katanya.

 

Koropak.co.id - Program Rp 1,39 Miliar Per Kelurahan, Inilah Tanggapan Dewan (2)

 

Baca : Perhatikan Sisi Efisiensi Anggaran, Maksimalkan Capaian Pendapatan

 

Outputnya, kata Andi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kelurahan di Kota Tasikmalaya. Dialokasikan di tahun anggaran 2020, mendorong pemerintah dan DPRD untuk bekerja lebih keras dalam menutupi kebutuhan anggaran tersebut.

"Kami bersama eksekutif akan bekerja ekstra keras mencari sumber-sumber pendapatan baru untuk menutupi kebutuhan anggaran atas alokasi Dana Kelurahan tersebut. Jelas, ini tantangan kita semua," tuturnya.

Adanya imbauan dari pimpinan DPRD kepada para lurah untuk berhati-hati dalam melaksanakan anggaran Dana Kelurahan dinilai Andi merupakan hal yang wajar sebab mengacu pada prinsip kehati-hatian.

"Wajar, kan kelurahan mulai mengelola anggaran yang besarnya sangat signifikan, dengan bentuk kegiatannya dikelola di kelurahan. Tentu ini harus dicermati, diperhatikan, dan diawasi agar berjalan sesuai aturan sehingga tidak menimbulkan permasalahan," ujar Andi.*

 

Lihat : Laporan Keuangan Pemkot Tasikmalaya Dikaji Dewan