Tasik Motekar 2019, Mengusung Kembali Identitas Budaya Masa Sukapura  

Sabtu, 20 Juli 2019 00:24 Clara Aditia Daerah

Tasik Motekar 2019, Mengusung Kembali Identitas Budaya Masa Sukapura   

 

Koropak.co.id - Memperingati Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Area Gedung Bupati Tasikmalaya yang berada di Jalan Bojongkoneng Nomor 254, Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat akan dimeriahkan dengan event "Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition" yang akan menyajikan beragam suguhan budaya, termasuk salah satunya karnaval Jampana.

Dijumpai Koropak di area acara, Jumat (19/7/2019) malam, salah satu penyelenggara sekaligus budayawan Tasikmalaya, Tatang Pahat menuturkan konsep yang dihadirkan dalam Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition mengusung lokalitas, yang mengangkat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita mengusung tagline Mulasara Babad Wirawangsa. Latar belakangnya, Wirawangsa merupakan Bupati pertama di Tasikmalaya, yang merupakan penyandang gelar Wiradadaha pertama pada 387 tahun silam. Oleh sebab itu, kami menghadirkan experience flashback ke sejarah Tasikmalaya 387 tahun silam, yang kala itu bernama Sukapura," katanya.

 

Koropak.co.id - Tasik Motekar 2019, Mengusung Kembali Identitas Budaya Masa Sukapura (2)

 

 

Baca : Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Gelar Pesta Rakyat Sarat Makna

 

Ditambahkan Tatang, lokalitas yang ditonjolkan di ajang Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition, meliputi parade potensi Tasikmalaya yang meliputi potensi pertanian, makanan, kesenian, hingga budaya.

"Hampir 90 persen kegiatan Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition diisi dengan talenta asli Tasikmalaya, termasuk artis seperti Budi Cilok, dan Alam," katanya.

Pada segmen Karnaval Jampana, kata Tatang, panitia akan menampilkan parade potensi unggulan dari 351 desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini sejalan dengan budaya zaman dahulu ketika ada titik euforia, masyarakat akan menampilkan potensi-potensi unggulan dari sektor agraris.

"Itu merupakan hal yang sudah terlupakan. Kita coba angkat kembali di event Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition. Kabupaten Tasikmalaya ini sangat besar khasanah budayanya loh. Kita gali lagi, eksplor lagi, dan kita tampilkan di sini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Tasik Motekar 2019, Mengusung Kembali Identitas Budaya Masa Sukapura (3)

 

 

Baca pula : Promosi Wisata Kabupaten Tasikmalaya Melalui Karnaval Budaya

 

Tatang menambahkan, budaya-budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Tasikmalaya di zaman dahulu seperti gotong royong, silih asah silih asih silih asuh, akan digali dan diinspirasikan kembali kepada masyarakat, khususnya kalangan milenial.

"Harapannya, budaya kehidupan masa kini yang cenderung individual, sehingga membentuk karakter emosional, arogan, dan acuh tak acuh dengan sesama, dapat terkikis dan tergantikan dengan budaya lokal ciri khas Tasikmalaya seperti gotong royong. Jadi, melalui acara ini kita ingatkan kembali masyarakat. Namun, ini hanyalah stimulan, semoga ke depan dapat membudaya di tengah masyarakat," tutur Tatang.*

 

Lihat video :

- Galuh Nangtung Ajeg Ti Bihari Ka Kiwari

- Mieling Ngadegna Galuh Gugah Memori Kegaluhan