Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Gelar Pesta Rakyat Sarat Makna

Sabtu, 20 Juli 2019 01:09 Clara Aditia Daerah

Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Gelar Pesta Rakyat Sarat Makna


Koropak.co.id - Gelaran Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition yang dilangsungkan di Area Gedung Bupati Tasikmalaya yang berada di Jalan Bojongkoneng Nomor 254, Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai 19-28 Juli 2019 akan dimeriahkan bermacam hiburan, mulai dari seni tradisional hingga parade artis nasional.

Dijumpai Koropak di MainStage acara, Jumat (19/7/2019) malam, Team Program Acara Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition, Joggie Natadisastra menuturkan Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition merupakan suguhan apresiasi dari Kabupaten Tasikmalaya di Hari Jadi yang ke-387 tahun.

"Di sini akan tampil bermacam atraksi budaya, hingga pameran potensi masyarakat Tasikmalaya. Dalam event ini kami kolaborasikan dari mulai kearifan lokal hingga hiburan kekinian dan menyuguhkannya sebagai sebuah pesta rakyat di Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya," kata Joggie.

 

 Koropak.co.id - Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Gelar Pesta Rakyat Sarat Makna (3)

 

 

Baca : Tasik Motekar 2019, Mengusung Kembali Identitas Budaya Masa Sukapura

 

Di panggung utama, sepanjang 19-28 Juli 2019 tidak akan pernah sepi dengan bermacam helaran seni tradisional dan parade budaya, yang dibuka dengan wayang cilik dari Paguyuban Relasi Sajatina, Angklung Diatonis dari Sanggar Seni Putera Pajajaran, Aseuk Hatoong dari Lingkung Seni Tunggal Jaya, Pencak Silat, Beluk dan Lais dari Lingkung Seni Awi Hideung, hingga Tarawangsa Cibalongan.

"Pada 21 Juli 2019 kita akan menampilkan Budi Cilok yang merupakan artis nasional sekaligus duta lingkungan yang akan menjadi talent utama dalam festival hijau ; parade bonsai dan tanaman bambu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya," katanya.

Ditambahkan Joggie, pada 23 Juli 2019 ada Setia Band, dilanjut apresiasi kesenian dan band pelajar pada 24 Juli 2019, tabligh akbar oleh Mamah Aah dan Lomba Qasidah Rebana pada 25 Juli 2019, gebyar dangdut dan parade artis Kabupaten Tasikmalaya yang menyuguhkan Cucu Cahyati, Evie Tamala, dan Alam 'Mbah Dukun' pada 26 Juli 2019, serta karnaval 387 Jampana pada 27 Juli 2019.

"Mengusung tema Mulasara Babad Wirawangsa, mengandung filosofi untuk ngaguar kembali sosok Wirawangsa yang menjadi pendiri Tasikmalaya. Diharapkan, dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat khususnya kawula muda untuk dapat mengikuti jejak Wirawangsa. Sedangkan konsepsi dalam hiburan, filosofi buhun kita transformasi ke kehidupan zaman sekarang, dengan pesan harus ingat masa lalu untuk masa yang akan datang," katanya.

 

Koropak.co.id - Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Gelar Pesta Rakyat Sarat Makna (2)

 

Baca : Hari Jadi Ke-387 Kabupaten Tasikmalaya Harus Beda


Sementara itu Ray dari Event Organizer Trend Media Promosindo menuturkan di Area Bazaar Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition pameran potensi unggulan masyarakat serta UMKM binaan SKPD se-Kabupaten Tasikmalaya.

Adapula pameran multiproduk yang menghadirkan BUMN, BUMD, hingga perusahaan-perusahaan nasional.

"Bazaar ini juga menjadi momentum yang tepat bagi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk memamerkan potensi-potensi unggulan dari masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan UMKM," katanya.

Besar harapannya, kata Ray, Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition menjadi agenda tahunan masyarakat Tasikmalaya, sebab selain sebagai pesta rakyat, Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition juga menjadi ajang edukasi masyarakat akan sejarah Kabupaten Tasikmalaya sejak zaman Wirawangsa atau Wiradadaha I agar senantiasa dikenang masyarakat Tasikmalaya.*

 

Lihat video :

- Seni Golok, Kearifan Lokal Melegenda

- Kota Tasikmalaya Saksi Dedikasi Putu Wijaya