Banyak Hak Tidak Dipenuhi, Gojek Driver Tasikmalaya Tuntut Manajemen

Sabtu, 20 Juli 2019 10:37 Erni Nur'aeni Parlemen

Banyak Hak Tidak Dipenuhi, Gojek Driver Tasikmalaya Tuntut Manajemen


Koropak.co.id - Ratusan Gojek driver kecewa dengan hasil audiensi bersama DPRD Kota Tasikmalaya yang digelar di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Jalan RE Martadinata, Indihiang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Pasalnya dalam audiensi tersebut, manajemen PT Gojek Indonesia Cabang Tasikmalaya kembali mangkir dan enggan menghadiri audiensi, sehingga permasalahan yang terjadi pun tak kunjung mendapat kejelasan.

Demikian disampaikan Nanang Nurjamil, yang mewakili ratusan Gojek driver saat audiensi yang dihadiri sejumlah anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya.

"Pertemuan ini harus segera dijadwal ulang dan tadi DPRD sudah sepakat akan menjadwalkannya. Tuntutan kami, dari segi kontrak kerjanya dengan driver karena mereka tidak diberikan kontrak kerjanya, padahal dalam UU Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 sudah jelas bahwa setiap karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan harus berdasar pada kontrak kerja, sehingga ada hak dan kewajiban yang jelas," katanya.

 

Koropak.co.id - Banyak Hak Tidak Dipenuhi, Gojek Driver Tasikmalaya Tuntut Manajemen (2)

 

Baca : Program Rp 1,39 Miliar Per-Kelurahan, Inilah Tanggapan Dewan


Selanjutnya, kata Nanang, soal upah. Para driver harus digaji berdasarkan UMK. Apalagi UMK Kota Tasikmalaya sudah di atas Rp 2 juta, sementara mereka dengan segala risiko dan konsekuensi hanya mendapatkan upah dari bonus sebesar 20 persen dari orderan.

"Selanjutnya ada 140 akun yang melakukan pelanggaran dan infonya secara sepihak tanpa verifikasi langsung diblok. Terakhir driver online ini sangat rentan dengan kecelakaan lalu lintas, asuransinya bagaimana? Adakah masing-masing orang memegang asuransinya? Jelas tidak ada," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Heri Ahmadi menuturkan juga akan mengkonfirmasi ulang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya agar dapat menyampaikan panggilan kepada manajemen Gojek, sebab sudah beberapa kali melakukan panggilan untuk audiensi, manajemen Gojek selalu mangkir.

"Kita sudah menyampaikan surat dan melakukan panggilan terhadap mereka namun katanya ada sesuatu sehingga menyebabkan mereka tidak dapat hadir, dan Insyaallah Senin (22/7/2019) kami akan melayangkan surat melalui Diskominfo," katanya.*

 

Baca : Selalu Mangkir, Ancaman Sanksi Kepada Manajemen Gojek Kota Tasikmalaya

Lihat : Dewan Terima Keluhan Soal Perizinan Transmart Tasikmalaya