Prasasti Bersejarah Geger Hanjuang Hadir di Tasik Motekar 2019

Sabtu, 20 Juli 2019 20:20 D. Farhan Kamil Daerah

Prasasti Bersejarah Geger Hanjuang Hadir di Tasik Motekar 2019

 

Koropak.co.id - Tasik Motekar 2019; Festival & Exhibition dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 tahun 2019, dibuka secara resmi oleh Asda 2 Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sekaligus Ketua Panitia Kegiatan Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin, Sabtu (20/7/2019).

Meskipun tanpa kehadiran Bupati Tasikmalaya, acara pembukaan Tasik Motekar 2019 ; Festival & Exhibition berjalan dengan meriah. Di bawah gerimis hujan pertunjukan tari merak dan angklung diatonis menjadi tontonan menarik dan menghibur, apalagi saat Safari Agustin diarak di atas sisingaan.

Hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Museum Nasional, Drs, Iswanto, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Tasikmalaya, Hj. Ai Diantani Sugianto, para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tasikmalaya dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Prasasti Bersejarah Geger Hanjuang Hadir di Tasik Motekar 2019 (2)

 

"Hari ini kita buka acara Tasik Motekar 2019, Festival & Exhibition dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387. Ini tidak sekedar seremoinial tetapi bagaimana momen hari jadi ini mampu mengembalikan ingatan masyarakat terhadap sejarah lahirnya Kabupaten Tasikmalaya serta budaya dan adat istiadat leluhur di dalamnya yang begitu agung yang menjunjung tinggi adab, etika dan tatakrama serta kepedulian terhadap bangsa/sesama dan sosial yang tinggi," kata Safari.

Melalui momen hari jadi ini pula, ucapnya, masyarakat diharapkan lebih mengenal potensi yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, baik seni, budaya, keragaman hasil palawija termasuk potensi pariwisata.

"Kabupaten Tasikmalaya ini kaya akan potensi wisata baik wisata alam, budaya, kuliner, kerajinan juga religi. Melalui acara seperti ini diharapkan mampu mendongkrak kepariwisataan, menumbuhkan rasa untuk ngamumule serta memelihara objek-objek wisata yang ada. Kabupaten Tasikmalaya ke depan bakal menjadi destinasi wisata nasional yang akan dikembangkan lebih hebat, "ujarnya.

 

 Koropak.co.id - Prasasti Bersejarah Geger Hanjuang Hadir di Tasik Motekar 2019 (3)

 


Baca : Hari Jadi ke-378 Kabupaten Tasikmalaya Gelar Pesta Rakyat Sarat Makna

Sementara itu, Kepala Museum Nasional, Drs. Iswanto mengatakan pihaknya membawa amanah berupa prasasati Gegerhanjuang yang asli, untuk diperlihatkan kembali kepada pemilik asalnya yakni masyarakat Tasikmalaya.

"Kita sengaja membawanya dari Jakarta dengan sangat hati-hati untuk diperlihatkan kembali ke masyarakat Tasikmalaya. Hal ini dilakukan agar menumbuhkan rasa kebanggaan di masyarakat terhadap sejarah dan peninggalannya," katanya.

Ditambahkan Iswanto, Museum Nasional memiliki program museum keliling untuk menyapa warga di nusantara untuk mengenalkan sejarah-sejarah yang begitu kaya di Indonesia.*

 

Baca pula : Tasik Motekar 2019, Mengusung Kembali Identitas Budaya Masa Sukapura

 


Berita Terkait