Dinas Kesehatan Garut, Harap Optimalkan Berbagai Layanan Puskesmas

Minggu, 21 Juli 2019 00:30 Dedi Sofwan Daerah

Dinas Kesehatan Garut, Harap Optimalkan Berbagai Layanan Puskesmas


Koropak.co.id - Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. Maskut Farid secara resmi membuka jalan sehat yang diikuti ribuan Lansia aktif sehat dan mandiri (Lasmi), yang dikonsentrasikan di halaman kantor UPT Puskesmas Cempaka, Jalan Ir Juanda Perum Cempaka Indah, Karangpawitan, Garut, Jawa Barat, Sabtu (20/7/2019).

Dalam jalan sehat yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi UPT Puskesmas Cempaka yang ke-7 tersebut, dr Maskut menyampaikan bahwa jalan sehat tersebut merupakan kali pertama digelar Puskesmas dalam merayakan ulang tahunnya.

"Saya sangat mengapresiasinya. Apalagi kegiatan ini diisi dengan kegiatan yang sangat kreatif dan inovatif. Hal seperti ini akan menjadi contoh bagi Pusekesmas lainnya," ucapnya.

Dikatakan dr Maskut, Puskesmas harus hadir di tengah masyarakat. Tidak hanya pasif melayani pasien yang datang saja tetapi Puskesmas harus aktif jemput bola mengunjungi masyarakat terutama masyarakat yang sakit.

"Puskesmas harus bisa membuat program strategis agar masyarakat yang sehat tetap terjaga kesehatannya dan yang sakit harus diobati. Kalau yang sakit bisa berjalan maka datang ke Puskesmas, tetapi apabila tidak mampu, dan tidak bisa berjalan maka Puskesmas wajib mendatangi pasien tersebut," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Dinas Kesehatan Garut, Harap Optimalkan Berbagai Layanan Puskesmas (2)

 

Baca : Puskesmas Mangkubumi Tasikmalaya Refresh Pengetahuan Kader

Ditegaskan dr Maskut apabila ada pasien miskin dan tidak punya biaya maka Puskesmas dan Dinas Sosial harus bertanggungjawab memberikan layanan pengobatan karena sudah merupakan kewajiban pemerintah.

"Saya juga meminta kepada Pemerintah Kecamatan Karangpawitan agar membuat Open Defecation Free (ODF), karena di wilayah Kecamatan Karangpawitan baru ada 4 ODF. Minimal harus ada 5 ODF," ujarnya.

ODF, ucap Maskut, adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Semoga masyarakat Karangpawitan sehat sehingga pikiran pun sehat," ujarnya.*

 

Baca pula : Puskesmas Panglayungan Targetkan Akreditasi Paripurna