Banyak BUMDes Tidak Optimal, Hanya Jadi Syarat Pencairan Dana Desa

Minggu, 21 Juli 2019 23:24 Dedi Sofwan Desa

Banyak BUMDes Tidak Optimal, Hanya Jadi Syarat Pencairan Dana Desa

 

Koropak.co.id - Di hari ke-8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM STIE Yasa Anggana Garut tahun 2019, Kelompok Desa Sukasari menggelar sosialisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka penguatan desa membangun yang dilaksanakan di Aula Desa Sukasari, Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Kepada Koropak, Minggu (21/7/2019), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok Desa Sukasari, Hari Mulia, SE.,MM menuturkan dasar hukum kegiatan sosialisasi ini digelar yakni Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

"Tingkat pemahaman masyarakat terkait keberadaan BUMDes belum sepenuhnya memahami peran fungsi dan manfaat BUMDes secara maksimal," ucapnya.

Hari berharap agar mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN-PPM dapat memperoleh pengalaman belajar dalam menerapkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat dan belajar menjadi fasilitator sekaligus motivator terhadap masyarakat atau pelaku ekonomi.

Hari mengakui kegiatan ini sebagai sarana bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan empati dalam mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara team-work dan interdisipliner.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, diharapkan BUMDes ke depannya dapat menjadi motor pergerakan perekonomian desa," ucap Hari.

 

Koropak.co.id - BUMDes Tidak Optimal, Hanya Jadi Syarat Pencairan Dana Desa (2)

 

 

Baca : BSPS Direalisasikan, Polsek Gunung Tanjung Ingatkan Kades

 

Terpisah, Kelompok Desa Deudeul melaksanakan penyuluhan UMKM dan BUMDes bagi pelaku usaha dan anggota BUMDes masyarakat Desa Deudeul yang berlangsung di Aula Desa Deudeul, Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Koordinator Desa, Farrid M. Ichsan menjelaskan tujuan dari kegiatan penyuluhan tersebut agar para pelaku UMKM dapat mengatahui cara untuk memproduksi, memasarkan, dan menghitung biaya mengenai produk yang akan dijualnya dengan baik dan benar.

"Sekarang ini masih banyak BUMDes yang didirikan hanya sebagai persyaratan untuk pencairan dana desa dan belum optimal dalam pelaksanaannya. Oleh sebab itu dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan pengembangan potensi produk lokal dalam kerangka penguatan paradigma desa membangun bisa terwujud," ucapnya.*

 

Baca : Banyak Kepala Desa Tak Paham Aturan Kelola Dana Desa