Di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Ade Launching KIA

Jum'at, 26 Juli 2019 19:18 D. Farhan Kamil Daerah

Di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Ade Launching KIA

 

Koropak.co.id - Sesaat setelah Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto meresmikan launching Kartu Identitas Anak (KIA) sedikitnya 800 orang pemohon membludak memadati ruang lantai dasar gedung Setda Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (26/7/2019).

Bahkan saking banyaknya pemohon, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya, terpaksa menutup meja pendaftaran pada jam 15.00 sedangkan antrian pemohon masih cukup panjang.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Dra, Hj. Wini, M.Si menyebutkan, pada launching ini rencananya hanya melayani pemohon dari Kecamatan Singaparna dengan jumlah terbatas. Tetapi faktanya animo masyarakat yang memohon KIA sangat besar. Mereka datang bukan saja dari Kecamatan Singaparna tetapi juga dari beberapa kecamatan di luar Singaparna.

"Kita cukup kewalahan dengan jumlah permohonan yang sangat banyak dan tidak terduga. Ditambah lagi dengan koneksi internet melalui jaringan wifi di Setda ini agak lambat, diduga karena banyak pengguna yang mengakses jaringan. Otomatis koneksi kita ke server pusat terganggu sehingga memperlambat pencetakan KIA. Akhirnya terpaksa kita tutup pendaftaran pada jam 15.00 dan KIA yang belum tercetak, akan kita cetak di kantor," kata Wini.

 

Koropak.co.id - Di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Ade Launching KIA (1)

 


Baca : Miliki Kartu Identitas Anak (KIA), Mudah dan Banyak Manfaatnya

 

Bagi para pemohon yang sudah menyerahkan dokumen persyaratan namun KIA nya belum tercetak terang Wini, maka dinas akan mencetak pada hari Senin besok dan akan dikirim ke masing-masing kantor kecamatan sesuai alamat pemohon.

"Jadi pada hari Kamis depan, KIA sudah bisa diambil di kantor kecamatan," ujarnya.

Ditambahkan, untuk mempercepat kepemilikan KIA, dinas akan melakukan jemput bola ke setiap kecamatan yang akan dimulai pada hari Senin besok.

 

 Koropak.co.id - Di Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Ade Launching KIA (2)

 

Baca : Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya akan Luncurkan KIA

 

Sementara itu Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto mengatakan, KIA sejalan dengan Permendagri nomor 2 tahun 2016.

Penerbitan KIA merupakan upaya untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap anak yang lahir di NKRI. Sehingga anak-anak dapat memperoleh hak keperdataan anak dalam mengurus hak dan kewajiban selaku warga Negara Indonesia.

"Selain itu anak yang berumur kurang dari 17 tahun juga bisa mendapatkan akses layanan publik lebih mudah. Seperti membuka rekening bank, berobat di puskesmas atau runah sakit. Mengurus paspor atau layanan publik lainnya," kata Ade pada acara launching pencanangan KIA seusai memimpin upacara hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 tahun 2019, di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca : Pencanangan KIA, Buah Prestasi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya