Pendaftaran Dibuka! Poltekpel Banten Siap Cetak Taruna Berkompetensi

Minggu, 28 Juli 2019 13:12 Dede Hadiyana Nasional

Pendaftaran Dibuka! Poltekpel Banten Siap Cetak Taruna Berkompetensi


Koropak.co.id - Politeknik Pelayaran Banten (Poltekpel) Banten kembali membuka penerimaan Calon Taruna Pembentukan Mandiri Diklat Pelaut-III (ANT-III atau ATT-III). Dalam penerimaan tersebut, ada seleksi yang wajib diikuti, termasuk seleksi administrasi yang mengharuskan peserta melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan.

Demikian disampaikan Direktur Poltekpel Banten, Joni Turiska, S.T.,M.Si.,M.Mar.E saat dikonfirmasi Koropak, Sabtu (27/7/2019). Dijelaskan Joni, persyaratan dokumen yang harus diserahkan pada saat pendaftaran meliputi formulir pendaftaran yang telah dilengkapi sebanyak satu lembar, fotocopy ijazah yang telah di legalisir sebanyak satu lembar. Namun, bagi pemilik ijazah Paket C IPA harus menyertai Raport Kelas X sampai dengan XII termasuk surat keterangan dari sekolah.

Kemudian dokumen lainnya yang harus diserahkan yakni fotocopy Akte kelahiran sebanyak satu lembar, SKCK dan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah, Surat Keterangan Belum Menikah dari kelurahan setempat, pas foto berwarna dengan ukuran 3x4 sebanyak empat lembar serta bukti pelunasan biaya pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Calon Taruna.

"Di seleksi kesehatan, para calon taruna harus mengikuti pemeriksaan badan yang sehat jasmani dan rohani, pemeriksaan tinggi badan minimal 160 centimeter untuk pria dan 155 centimeter untuk wanita," katanya.

Syarat lainnya, ucap Joni, calon Taruna tidak bertato atau tidak memiliki bekas tato serta tidak bertindik atau tidak memiliki bekas tindikan pada anggota tubuh termasuk lulus seleksi kesehatan pelaut pada rumah sakit yang ditunjuk oleh BP2IP Tangerang.

Pada seleksi Kesamaptaan sendiri, para peserta mengikuti pengujian ketahanan fisik dan mental seperti lari, Sit-Up, Push-Up, Shutlle-Up, dan keterampilan bahari sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan untuk Calon Taruna kemudian dilanjutkan dengan seleksi Akademik meliputi Test Potensi Akademik dan seleksi Psikotest dan seleksi Wawancara.

 

 

Koropak.co.id - Pendaftaran Dibuka! Poltekpel Banten Siap Cetak Taruna Berkompetensi

 

Baca : Politeknik Pelayaran Banten Adopsi Sistem Digital Simulator

Sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : 3/PMK.05/2018 bahwa biaya seleksi masuk Poltekpel Banten sebesar Rp 1.675.000 Rupiah yang meliputi pendaftaran sebesar Rp 150.000 Rupiah, Seleksi Akademik sebesar Rp 195.000 Rupiah, Seleksi Kesehatan, sebesar Rp 725.000 Rupiah, Seleksi Kesemaptaan sebesar Rp 210.000 Rupiah, Seleksi Psikotest sebesar Rp 300.000 Rupiah, dan Seleksi Wawancara sebesar Rp 95.000 Rupiah.

Untuk tempat pendaftaran sendiri bisa langsung datang ke Kampus Poltekpel Banten yang beralamat di Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, Banten.*

 

Baca pula : Buka Program Diploma, Poltekpel Banten Cetak SDM Kelautan Kompeten

 


Berita Terkait