Wow! Benarkah SMKN 1 Ciamis Bukan Untuk Orang Miskin?

Jum'at, 02 Agustus 2019 11:13 Ahmad Mukhlis Daerah

Wow! Benarkah SMKN 1 Ciamis Bukan Untuk Orang Miskin?

 

Koropak.co.id - SMKN 1 Ciamis mendadak viral karena banyak orang yang melegalisasi pungutan Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) sebagai hal yang wajar. Bagi siswa baru dikenakan pungutan sebesar Rp 4 juta, tanpa membedakan kemampuan ekonomi orang tua siswa. Pungutan ini dianggap sah dengan dalih sumbangan pendidikan sehingga semua pejabat di KCD Pendidikan Jawa Barat di Ciamis bungkam seribu bahasa.

Anggota Komisi IV DPRD Ciamis, Sarif Sutiarsa, mengatakan, SMKN 1 Ciamis tidak manusiawi saat menerima sumbangan dari Ny Imas, salah satu orang tua miskin yang anaknya sekolah di SMKN 1 Ciamis.

"Mestinya ada kebijakan buat orang miskin, bukan malah membebani. Ini malah menerima sumbangan uang dari PWI dan Direktur PDAM untuk Ny. Imas. Seolah pungutan DSP ini dibenarkan sehingga sampai hati menerima sumbangan dari PWI, " ujar Sarif.

 

Koropak.co.id - SMKN 1 Ciamis Bukan untuk Orang Miskin (1)

 

Baca : Seru! MPLS di SMAN 1 Ciamis Ditandai Pelepasan Balon Cita-Cita

Menurut Sarif, jika sumbangan sifatnya sukarela,kalau ditentukan besaran nilai sumbangannya itu menjadi pungutan. Berdasarkan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 pasal 10 ayat 1 dan 2 dijelaskan, sumbangan memang bisa diminta dari orang tua siswa. Tapi tidak untuk seluruh orang tua karena sifatnya sukarela. Ketika sumbangan itu diberlakukan untuk seluruh orang tua itu jatuhnya pungutan liar. Apalagi jika tidak ada dasar hukumnya melakukan pungutan.

"Tolong jangan semena-mena dengan orang tua siswa. Jangan ada kesan SMKN 1 Ciamis hanya untuk orang kaya saja," ujar Sarif.

Kepala KCD Pendidikan Wilayah XIII, Herry W dan Kepala SMKN 1 Ciamis, Hj Ika memilih bungkam tak bersuara. Tidak ada klarifikasi dan penjelasan kepada masyarakat Ciamis melalui media massa.

 

Baca : Alumni Galang Sumbangsih, Tingkatkan Mutu Ruang Kelas

 

Sementara itu, di lain tempat, Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis dan PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis memilih memberikan sumbangan kepada Ny. Imas, orangtua dari Amalia Oktaviani siswi SMKN 1 Ciamis.

Menurut Ketua PWI Kabupaten Ciamis Deni Hamdani, sumbangan yang digalang dari para wartawan yang tergabung di PWI untuk melunasi dana sumbangan pendidikan untuk siswi yang kurang mampu dari segi perekonomianya.

“Alhamdullilah hari ini rekan-rekan wartawan bisa mengumpulkan uang untuk membantu kesulitan anak Ny. Imas yang bersekolah di SMKN 1 Ciamis,” katanya.

Deni menuturkan, keluarga Ny. Imas tersebut tergolong keluarga miskin namun dari pihak sekolah tidak ada kebijakan untuk meringankan biasa DSP tersebut.

“Sebagai wujud kepedulian para wartawan kami berhasil mengumpulkan dana untuk ikut membantu kesulitan anak Ibu Imas itu,” ucapnya.*

 

Baca : Kepala sekolah Hari Menjadi Tauladan

Lihat : Kepala Sekolah Harus Jadi Panutan Siswa

 


Berita Terkait