Dongkrak Partisipasi, Masyarakat Harus Memahami Geopark!

Jum'at, 02 Agustus 2019 18:03 Clara Aditia Nasional

Dongkrak Partisipasi, Masyarakat Harus Memahami Geopark!


Koropak.co.id - Pengarah Asosiasi Desa Wisata (Asidewi), Toni Hermawan menuturkan wacana pengembangan Kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional merupakan ide cemerlang, namun masih banyak yang harus dipersiapkan, termasuk memberikan edukasi atas segala sesuatu hal tentang Geopark agar masyarakat dapat memahami dan ikut berpartisipasi di dalamnya.

Hal itu dikatakan Toni saat berbincang bersama Koropak selepas kegiatan visit Curug Badak Batu Hanoman, yang berlokasi di Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019). Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program Bimtek "Pengembangan Destinasi Kawasan Galunggung Menuju Geopark Nasional Indonesia" yang dimulai sejak Kamis (1/8/2019) kemarin.

"Sebelumnya, kita harus memahami bahwa pengertian Geopark adalah memuliakan bumi, yang berarti mengembangkan taman bumi sekaligus melestarikan kekayaan bumi dengan segala isinya. Ini merupakan program pengembangan potensi yang unik, yang diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan," katanya.

 

Koropak.co.id - Dongkrak Partisipasi, Masyarakat Harus Memahami Geopark! (2)

 

Baca : Spirit Transformasi Galunggung dari Geopark Lokal Jadi Nasional

 

Namun, kata Toni, azas manfaat dari daya tarik wisatawan tersebut merupakan dampak ke depan, yang sekarang harus dipikirkan adalah bagaimana mengemas Geopark Galungung agar berkembang menjadi Geopark Nasional.

"Menuju Geopark Nasional, saat ini masih Kawasan Galunggung masih dalam tahap rintisan. Untuk pengembangannya membutuhkan banyak energi, salah satunya melalui partisipasi masyarakat dan para komunitas," ujarnya.

Hal yang tidak kalah pentingnya, ucap Toni, adalah kebijakan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Karena, kebijakan pemerintah daerah akan memacu perwujudan Kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional segera tercapai.

 

Koropak.co.id - Dongkrak Partisipasi, Masyarakat Harus Memahami Geopark! (3)

 

Baca : Geopark Diyakini Dapat Meningkatkan Geliat Perekonomian Masyarakat

 

"Intinya, bagaimana Geopark bisa diterima masyarakat, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi. Harus dipikirkan pula saat Geopark jadi daya tarik kunjungan wisatawan, bagaimana mengelola Geopark agar tetap terjaga tanpa harus membatasi wisatawan, karena satu patokan keberhasilan sektor wisata adalah membeludaknya kunjungan dari wisatawan terhadap satu destinasi wisata di daerah," tuturnya.

Jangan sampai, ucap Toni, ketika wisatawan antusias terhadap Geopark Galunggung yang akhirnya terjadi lonjakan kunjungan, pihak pengelola Geopark tidak siap mengatur dan mengakomodirnya.

"Jangan sampai ketika kunjungan wisatawan meningkat, dan antusias terhadap Geopark, kemudian pengelola tidak siap, akhirnya jumlah kunjungan wisatawan dibatasi. Jadi, harus benar-benar disiapkan secara matang terhadap dampak-dampaknya," tutur Toni.*

 

Lihat : Eksotis dan Keunikan Curug Batu Blek