Info Terkini! Gempa Banten 7,4 Skala Richter Terasa Hingga Tasikmalaya

Jum'at, 02 Agustus 2019 21:14 Dede Hadiyana Nasional

Info Terkini! Gempa Banten 7,4 Skala Richter Terasa Hingga Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter yang berpusat di wilayah Barat Daya Sumur, Banten dengan kedalaman 10 Kilometer sangat terasa hingga Kota Tasikmalaya Jawa Barat selama hampir 60 detik.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang memiliki Magnitudo 7,4 berpotensi tsunami di beberapa wilayah pesisir.

"Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat," kata BMKG melalui situs resminya, Jumat (2/8/2019) sekitar pukul 19.03 WIB.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menuturkan, ada beberapa wilayah yang mendapatkan peringatan dini tsunami diantaranya wilayah Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung.

"Daerah-daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan dengan status siaga yakni, Pandeglang, Lampung Selatan, dan Tanggamus. Untuk Pandeglang sendiri dibagian selatan Banten, Pulau Panaitan Banten," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Info Terkini! Gempa Banten 7,4 Skala Richter Terasa Hingga Tasikmalaya

 

Sementara daerah yang memiliki status waspada diantaranya, Pandeglang bagian utara Banten, Lebak Banten, Sukabumi Ujung Genteng Jawa Barat, Tanggamus Pulau Tabuan Lampung, Tanggamus bagian Timur Lampung, Kepulauan Krakatau Lampung, Kepulauan Legundi Lampung, Pesisir Tengah dan Utara Lampung.

"Status waspada juga tercatat di daerah Bengkulu utara Kepulauan Enggano, Kaur, Bengkulu Selatan, dan Seluma," katanya.*

 

Baca : Gempa 4,8 Skala Richter Guncang Tasikmalaya

Baca : Warga Tasikmalaya Jadi Korban Tsunami Banten

 


Berita Terkait