Galunggung Jadi Geopark Nasional, Angin Segar Bagi Desa Sekitar

Sabtu, 03 Agustus 2019 08:04 Dede Hadiyana Desa

Galunggung Jadi Geopark Nasional, Angin Segar Bagi Desa Sekitar

 

Koropak.co.id - Program Bimtek "Pengembangan Destinasi Kawasan Galunggung Menuju Geopark Nasional Indonesia" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI disambut baik oleh berbagai pihak, tidak terkecuali oleh masyarakat desa.

Dijumpai Koropak selepas kegiatan visit Curug Badak Batu Hanoman, yang berlokasi di Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019), Kepala Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Gunawan mengatakan pihaknya menyambut baik dengan rencana mengembangkan Kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional Indonesia.

"Jangankan rencana Geopark Nasional yang skupnya lebih sudah nasional, dengan adanya wisata alam Curug Badak Batu Hanoman ini, sudah dapat dirasakan dampak positifnya untuk masyarakat wilayah Desa Sukasetia ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi, kami sangat menyambut baik rencana Geopark Nasional itu," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Galunggung Jadi Geopark Nasional, Angin Segar Bagi Desa Sekitar

 

Baca : Dongkrak Partisipasi, Masyarakat Harus Memahami Geopark!

Di Desa Sukasetia sendiri, ucap Gunawan, banyak potensi wisata yang ruang lingkupnya cukup luas seperti wisata religi, wisata seni dan budaya, wisata kuliner, wisata kerajinan tangan termasuk wisata alam Curug Badak Batu Hanoman.

"Selain wisata alam Curug Badak Batu Hanoman, terdapat potensi wisata alam lainnya yakni wisata alam Cipatuh yang merupakan wisata alam sumber air panas dari perut bumi. Walaupun sudah dikelola, namun hingga saat ini lokasi tersebut masih terkendala akses jalan," katanya.

Gunawan pun berharap, dengan adanya rencana kawasan Galunggung dijadikan Georpark Nasional Indonesia tersebut, mudah-mudahan kelestarian alam yang ada di kawasan Galunggung bisa lebih terjaga serta dapat meningkatkan pendapatan atau penghasilan untuk masyarakat sekitar.

"Rencana Geopark Nasional tersebut harus dilaksanakan secara bersama-sama karena dari berbagai unsur siap terlibat demi menyukseskan upaya mewujudkan kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional Indonesia," ucapnya.*

 

Baca : Geopark Diyakini Dapat Meningkatkan Geliat Perekonomian Masyarakat


Berita Terkait