Batu Mahpar Galunggung, Destinasi Wisata Tasikmalaya yang Siap Mendunia

Sabtu, 03 Agustus 2019 09:22 Dede Hadiyana Desa

Batu Mahpar Galunggung, Destinasi Wisata Tasikmalaya yang Siap Mendunia


Koropak.co.id - Mewakili masyarakat Desa Sariwangi, Dindin Nurdin mengaku merasa sangat bersyukur dengan adanya kegiatan program Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata RI terkait wacana menjadikan Kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional.

"Sebelumnya kami tidak begitu memahami tentang Geopark. Namun, setelah ada Bimtek, kami jadi paham, dan mengetahui bahwa dampak dari upaya menjadikan Kawasan Galunggung sebagai Geopark Nasional akan mendongkrak ekonomi perdesaan," ujar Dindin kepada Koropak selepas kegiatan visit Curug Badak Batu Hanoman, yang berlokasi di Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019).

"Sebuah keniscayaan bahwa akan adanya kemajuan jika memang kawasan Galunggung ini akan dijadikan Geopark Nasional. Pasalnya, akan banyak hal positif yang dihasilkan baik itu perekonomian desa, hingga kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan," katanya.

 

Koropak.co.id - Batu Mahpar Galunggung, Destinasi Wisata Tasikmalaya yang Siap Mendunia (2)


Baca : Galunggung Jadi Geopark Nasional, Angin Segar Bagi Desa Sekitar

 

Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, kata Dindin, memiliki potensi destinasi wisata yakni wisata alam Batu Mahpar dengan fasilitas curug, bumi perkemahan, rumah pohon, spot foto selfie, serta keunikan batu bekas aliran lava yang berada di sepanjang aliran sungai yang terbentuk dari lahar panas letusan Galunggung tersebut.

"Kawasan Batu Mahpar ini cukup bagus untuk dijadikan Geopark Galunggung karena adanya peninggalan aliran lava yang terjadi sekitar tahun 1800-an dan sudah menjadi batu. Jika program ini terlaksana diharapkan kawasan ini lebih dikenal lagi secara nasional bahkan mendunia," ucapnya.*

 

Baca : Dengan Spirit Bersama, Galunggung Jadi Geopark Nasional Bukan Mimpi

 


Berita Terkait