Wacana Galunggung Jadi Geopark Nasional, Dukung 3 Program Perhutani

Minggu, 04 Agustus 2019 05:21 Clara Aditia Nasional

Wacana Galunggung Jadi Geopark Nasional, Dukung 3 Program Perhutani


Koropak.co.id - Perum Perhutani KPH Tasikmalaya menyambut baik wacana menjadikan Kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional yang digagas Kementerian Pariwisata melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya.

Kepada Koropak saat visit Curug Badak Batu Hanoman, yang berlokasi di Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019), Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) KPH Perhutani Tasikmalaya, Ridlo Rodiana didampingi Junior Manager Bisnis Tedi Sapta Rianto, dan Asisten Manager Ecotourism Subagja menuturkan wacana menjadikan Kawasan Galunggung menjadi Geopark Nasional sejalan dengan salah satu visi Perhutani, yakni memberdayakan masyarakat.

"Visi tersebut turut berkaitan dengan program membudayakan pelestarian lingkungan yang akan bermuara pada tumbuhnya nilai ekonomi di tengah masyarakat," kata Ridlo.

 

Koropak.co.id - Wacana Galunggung Jadi Geopark Nasional, Dukung 3 Program Perhutani (2)

 

Baca pula : 

- Batu Mahpar Galunggung Destinasi Wisata Tasikmalaya Yang Siap Mendunia

- Galunggung Jadi Geopark Nasional Angin Segar Bagi Desa Sekitar

- Geopark Diyakini Dapat Meningkatkan Geliat Perekonomian Masyarakat

Geopark, kata Ridlo, sangat selaras dengan program Perhutani ke depan, sebab berkenaan dengan implementasi program kawasan yang dilindungi.

"Di kita ada 3 program kelola, yakni Kelola Sosial, Kelola Sumber Daya Hutan (SDH), dan Kelola Lingkungan. Semuanya sangat berkaitan erat," ucapnya.

Kelola Lingkungan merupakan faktor utama untuk penyelamatan lingkungan, khususnya yang ada di wilayah Perhutani KPH Tasikmalaya. Kelola Lingkungan turut bergantung pada Kelola SDH melalui berbagai kegiatan yang dicanangkan Perhutani, mulai penanaman, persemaian, termasuk mendukung perwujudan kawasan Geopark.

 

Koropak.co.id - Wacana Galunggung Jadi Geopark Nasional, Dukung 3 Program Perhutani (3)

 

Baca : Dongkrak Partisipasi, Masyarakat Harus Memahami Geopark

"Semua itu akan mengerucut pada Kelola Sosial yang memiliki goal meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui upaya pemberdayaan. Tiga kelola itu merupakan sebuah kesatuan dalam program kerja Perhutani," tuturnya.

Ridlo berharap dengan dijadikannya Kawasan Galunggung sebagai Geopark Nasional, dapat menjadi implementasi dari Hadist Khoirunnas Anfa'uhum Linnas, yang berarti sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.*

 

Baca : Spirit Transformasi Galunggung Dari Geopark Lokal Jadi Geopark Nasional