Pecah! Pameran Keris Terbanyak di Wonogiri Tembus Rekor Dunia

Senin, 05 Agustus 2019 14:44 Clara Aditia Nasional

Pecah! Pameran Keris Terbanyak di Wonogiri Tembus Rekor Dunia

 

Koropak.co.id - Rekor dunia pecah dalam Pameran Keris dan Pagelaran Wayang Kulit Purwo semalam suntuk 7 dalang yang digelar di Kediaman KPAA Suro Agul-Agul H. Begug Poernomo Sidi, Jalan A. Yani Nomor 41, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, Senin (5/8/2019).

Dalam gelaran yang dihadiri Raja Kasunanan Surakarta Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono XIII itu, rekor dunia yang dibukukan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) berhasil dipecahkan untuk Pameran Keris dengan jumlah keris mencapai 1.345 keris.

Kepada Koropak, Pemrakarsa sekaligus pemilik dari keris-keris yang dipamerkan, yakni KPAA Suro Agul-Agul H. Begug Poernomo Sidi menuturkan acara ini tak hanya berfokus pada pemecahan rekor, tapi tentang bagaimana spirit untuk menjaga kelestarian khasanah budaya bangsa.

"Seperti diketahui, keris merupakan salah satu benda pusaka asli Indonesia. Melalui pameran ini saya harapkan spirit untuk menjaga benda-benda pusaka, serta budaya bangsa dapat tumbuh, sehingga tidak ada lagi budaya kita yang diambil dan diakui oleh bangsa lain," katanya.

Adipati Begug juga menuturkan tujuannya mengundang para raja dan sultan se-Nusantara di acara tersebut, tiada lain untuk menyamakan persepsi, menyatukan spirit untuk menjaga warisan bangsa agar tidak beralih tangan.

 

 

Koropak.co.id - Pecah! Pameran Keris Terbanyak di Wonogiri Tembus Rekor Dunia (2)

 

Baca : Silat dan Golok, Warisan Leluhur yang Mulai Punah

 

Sementara itu, Ketua Umum LEPRID, Paulus Pangka mengaku bangga dengan pecahnya rekor dunia untuk Pameran Keris. Hal itu menyiratkan sebuah inspirasi baginya yang pernah diutarakan seorang Geolog dan Fisikawan Nuklir Brazil, Arysio Santos.

"Dia pernah bilang bahwa Indonesia adalah pusat peradaban. Hari ini, di momentum Pameran Keris ini kita menjadi saksi bahwa Indonesia memang pusat peradaban dunia, salah satunya melalui kokohnya kekuatan budaya," katanya.

Pecahnya rekor dunia untuk Pameran Keris ini, kata Paulus, menjadi bukti bahwa Indonesia kaya akan budaya yang mesti dijaga.

"Jika selama ini kita hanya melihat Eropa, dan negara besar lainnya adalah pusat peradaban manusia, tapi sebetulnya, Indonesialah pusat peradaban manusia," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Pecah! Pameran Keris Terbanyak di Wonogiri Tembus Rekor Dunia (3)

 

Lihat : Seni Golok Kearifan Lokal Melegenda

 

Selain Piagam Rekor Dunia untuk jumlah keris terbanyak dalam Pameran Keris, dalam kegiatan tersebut LEPRID juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pemrakarsa, pemerhati, serta penggagas Pameran Keris tersebut.*

Berikut adalah susunan penerima penghargaan :
1. Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah (Pendukung dan Pemerhati)
2. SISKS Pakubuwono XIII (Pemrakarsa)
3. Permaisuri SISKS Pakubuwono XIII (Pemrakarsa)
4. Duli Yang Mulia Sultan Sepuh Demak Bintoro Suryo Tjahyo Buwono Hutomo Mandala Putra (Pemrakarsa)
5. Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Pendukung Penyelenggaraan)
6. Drs. H. Syarif Abdullah (Pemrakarsa)
7. Sujatmiko, M.A (Pemerhati)
8. KMT Sunarsih Sunaringtyas, M.BA (Pendukung)
9. Dato Seri Pahlawan Awang H. Yussof bin H. Abdul Rahman (Pemerhati)
10. Duli Yang Mulia Demak Glagahwangi Sultan Suryo Alam Joyo Kusumo (Pemrakarsa)
11. KPAA Suro Agul Agul H. Begug Poernomo Sidi (Pemrakarsa)

 

Baca : Pameran Keris Wonogiri Jadi Wadah Silaturahmi Raja Raja Nusantara

 


Berita Terkait