Pameran Keris Wonogiri Jadi Wadah Silaturahmi Raja Raja Nusantara

Senin, 05 Agustus 2019 23:18 Clara Aditia Nasional

Pameran Keris Wonogiri Jadi Wadah Silaturahmi Raja Raja Nusantara

 

Koropak.co.id - Pameran Keris dan Pagelaran Wayang Kulit 7 Dalang yang dihelat di Kediaman KPAA Suro Agul Agul H. Begug Poernomo Sidi, Jalan A. Yani Nomor 41, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, Senin (5/8/2019) menggema hingga ke luar dataran Jawa.

Terbukti dengan hadirnya YM Ambo Dalle Puang Arung Kaherrang, Pemangku Adat Sultan Kerajaan Tondong Sinjai dari Sulawesi Selatan yang rela jauh-jauh datang guna menjadi saksi pecahnya rekor dunia dengan Pameran Keris terbanyak se-dunia mencapai 1.345 Keris.

Saat berbincang dengan Koropak, YM Ambo Dalle Puang Arung Kaherrang menuturkan tujuannya jauh-jauh datang ke Pulau Jawa semata ingin menjadi saksi bagaimana pecahnya rekor dunia di Wonogiri untuk Pameran Keris terbanyak dengan jumlah 1.345 keris.

"Kami bangga akan Pameran Keris yang berhasil memecahkan rekor dunia ini. Bahkan, menurut kami, ajang ini tidak sekedar Pameran benda pusaka yang berhasil memecahkan rekor dunia saja, namun juga menjadi wadah silaturahmi antara para raja dan sultan se-Nusantara. Kami sangat mendukung," katanya.

 

Koropak.co.id - Pameran Keris Wonogiri Jadi Wadah Silaturahmi Raja Raja Nusantara (3)


Baca : Pecah Pameran Keris Terbanyak di Wonogiri Tembus Rekor Dunia


Dikatakan Ambo, tujuan dari Pameran Keris untuk melestarikan Benda Pusaka Tanah Air, agar tidak diakui bangsa lain, merupakan cita-cita mulia, mengingat jika tidak dijaga dan dilestarikan oleh bangsa sendiri, siapa yang akan melestarikannya.

"Benda pusaka merupakan warisan budaya yang mesti kita jaga, dan dilestarikan. Janganlah sampai kita mengabaikannya. Saya bangga kepada KPAA Suro Agul Agul H. Begug Poernomo Sidi, yang memantapkan tujuan kegiatan ini sebagai upaya mempersatukan para raja, sultan, dan pemangku adat se-Nusantara agar dapat satu haluan, gigih melestarikan budaya dengan segala keragamannya agar tidak direbut oleh bangsa lain," katanya.

Sementara itu, dalam kegiatan Pameran Keris yang turut dihadiri Raja Kasunanan Surakarta Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono XIII. Dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID), diserahkan piagam pemecahan rekor dunia sekaligus piagam penghargaan bagi pemrakarsa, pemerhati, serta penggagas Pameran Keris tersebut.*

 

Baca : Menangkal Berbagai Klaim Warisan Budaya Indonesia oleh Pihak Asing


Berita Terkait