Penting! Budaya Identitas Bangsa, Generasi Milenial Harus Paham Benda Pusaka

Rabu, 07 Agustus 2019 11:29 Clara Aditia Nasional

Penting! Budaya Identitas Bangsa, Generasi Milenial Harus Paham Benda Pusaka

 

Koropak.co.id - Karesian Galunggung Agung, sekaligus mewakili Kerajaan Padjadjaran, dan Padepokan Padjadjaran Pusat, Prabu Sancang Djayadiningrat menyambut baik kegiatan Pameran Keris dan Pagelaran Wayang Kulit 7 Dalang yang dihelat di Kediaman KPAA Suro Agul Agul H. Begug Poernomo Sidi, Jalan A. Yani Nomor 41, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, Senin (5/8/2019).

Didampingi Perwakilan Padepokan Padjadjaran Pusat Fanji Hadi Wijaya Kusumah, Prabu Sancang menilai sebagai warga negara Indonesia, perlulah kiranya generasi milenial mengetahui histori benda pusaka seperti keris, demi menumbuhkan spirit melestarikan budaya bangsa dan pusaka yang ada di Tanah Air.

"Sangat penting, demi menumbuhkan wawasan akan khasanah budaya yang ada di Tanah Air, sehingga dapat membangun spirit untuk menjaga dan melestarikannya agar jangan sampai diambil bangsa lain," kata Prabu Sancang.

 

Koropak.co.id - Penting! Budaya Identitas Bangsa, Generasi Milenial Harus Paham Benda Pusaka (2)


Baca : Menangkal Berbagai Klaim Warisan Budaya Indonesia Oleh Pihak Asing

Dikatakannya, kondisi yang terjadi saat ini sangatlah miris. Banyak benda pusaka bangsa yang hilang, dengan kasus diambil dan dijual oleh kolektor ke bangsa lain.

"Miris, sangat miris. Padahal, kita memerlukan pusaka tersebut sebagai wujud warisan dari leluhur bangsa yang selama ini memberikan sumbangsih seni dan budaya yang sangat tinggi. Perlu diketahui, di Indonesia sendiri, seni dan budaya merupakan faktor kokohnya Bangsa Indonesia bersinar di kancah global, bahkan karena budaya pula, oleh Geolog sekaligus Fisikawan Nuklir asal Brazil, Arysio Santos, Bangsa Indonesia disebut sebagai pusat peradaban manusia," tutur Prabu Sancang yang hadir mewakili Guru Besar Padepokan Pesantren, Perguruan Silat, dan Lingkung Seni Padjadjaran Pusat, Drs. H. Rd. Sani Wijaya Nata Kusumah, SH.

 

 Koropak.co.id - Penting! Budaya Identitas Bangsa, Generasi Milenial Harus Paham Benda Pusaka (3)

 

 

Baca : Pameran Keris Wonogiri Jadi Wadah Silaturahmi Raja-Raja Nusantara

Baca : Pecah! Pameran Keris Terbanyak di Wonogiri Tembus Rekor Dunia 

Diharapkan, ucap Prabu Sancang, para raja dan sultan se-Nusantara dapat mengadakan sosialisasi akan histori benda pusaka, kepada para kawula muda generasi penerus bangsa.

"Jangan sampai generasi penerus bangsa tidak mengetahui histori budaya yang begitu kaya di Indonesia. Pesan kami, kemajuan zaman yang diimbangi modernisasi para generasi milenial, jangan sampai menghilangkan pengetahuan akan akar budaya Nusantara," ucapnya.*

 

Baca : Keris, Lambang Perjuangan Para Pahlawan dan Kesatria di Nusantara

 


Berita Terkait