Diklat Pembangunan Karakter Calon Taruna Poltekpel Banten Diresmikan

Rabu, 07 Agustus 2019 11:51 Dede Hadiyana Nasional

Diklat Pembangunan Karakter Calon Taruna Poltekpel Banten Diresmikan


Koropak.co.id - Pelaksanaan Diklat Pembangunan Karakter Calon Taruna Politeknik Pelayaran Banten tahun angkatan 2019-2020 yang berlangsung di Balai Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan Karakter Sumber Daya Manusia Transportasi (BP3KSDMT), Jalan Raya Ciwidey Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Senin (5/8/2019), digelar seiring dengan terbitnya Inpres Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara.

Pembukaan Diklat dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik Pelayaran Banten, Joni Turiska, ST, M.Si, M.Mar.E. Turut hadir Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan Sri Lestari Rahayu, Kepala Balai Diklat Pembangunan Karakter SDM Transportasi Irwan Budiyanto, para pejabat administrator, pengawas, dan pegawai di lingkup Badan Pengembangan SDM Perhubungan, serta ratusan calon taruna Politeknik Pelayaran Banten.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Pelayaran Banten, Joni Turiska, ST, M.Si, M.Mar.E., menyampaikan pada era milenial sekarang ini, terdapat banyak perubahan dalam persaingan dunia kerja. Para pencari kerja pastinya dituntut memiliki nilai lebih, dibandingkan individu yang lainnya yakni hardskill dan softskill.

"Saya yakin, para calon taruna Politeknik Pelayaran Banten bisa mendapatkan kompetensi hardskill pada saat mengenyam pendidikan. Namun, untuk meningkatkan softskill, tidak dapat hanya dilalui melalui bangku sekolah," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Diklat Pembangunan Karakter Calon Taruna Poltekpel Banten Diresmikan (2)

 

Baca : Pendaftaran Dibuka Poltekpel Banten Siap Cetak Taruna Berkompetensi

Dikatakan Joni, terdapat pengalaman yang harus didapatkan masing-masing individu yang kemudian mampu merubah menjadi hal yang positif. Itulah inti dari softskill, tidak hanya dipelajari secara text book tapi membutuhkan suatu experiential learning. Apabila kompetensi tersebut mampu dikembangkan, maka hal tersebut menjadi nilai lebih bagi individu tersebut.

"Rasa cinta kepada tanah air dan memiliki jiwa nasionalis yang berdasarkan Pancasila merupakan bagian dari softskill itu sendiri. Individu yang memiliki rasa tersebut dapat dipastikan akan memiliki integritas dan tanggung jawab dalam mengemban tugasnya serta akan mementingkan kepentingan organisasi dan nasional dibandingkan kepentingan pribadi maupun golongannya," katanya.

 

Koropak.co.id - Diklat Pembangunan Karakter Calon Taruna Poltekpel Banten Diresmikan (3)

 

Baca : Poltekpel Banten Terima Calon Taruna Mandiri Baru

 

Dengan adanya diklat ini diharapkan kepada para calon taruna Politeknik Pelayaran Banten bisa mendapatkan pengalaman yang dapat menjadi langkah awal dalam pengembangan kompetensi softskill selama mengikuti Diklat Pembangunan Karakter di BP3K SDMT.

"Pada saat kalian terjun di dunia kerja nanti, kalian akan mengemban kepercayaan dari orang lain. Oleh karena itu, pelajari semua mulai saat ini. Pelajari cara membangun kepercayaan orang lain terhadap diri kalian serta pelajari cara membangun jaringan sosial kalian," ucapnya.*

 

Lihat : BP2IP Tangerang Wisuda SDM Pelayaran Siap Bekerja

 


Berita Terkait