Dukungan Penuh Orangtua, Calon Taruna Poltekpel Banten Kejar Cita-Cita

Rabu, 07 Agustus 2019 18:03 Dede Hadiyana Nasional

Dukungan Penuh Orangtua, Calon Taruna Poltekpel Banten Kejar Cita-Cita

 

 

Koropak.co.id - Indikator keberhasilan pendidikan di Politeknik Pelayaran Banten dibuktikan dengan banyaknya calon taruna baru di tahun ajaran 2019-2020. Selain keinginan dari anak untuk melanjutkan pendidikan ke Poltekpel Banten, dukungan orangtua juga kian membulatkan tekad anak untuk meraih cita-cita sebagai pelaut.

Hal itu pula yang dirasakan Kartika Dewi, orangtua dari Lutfi Adis Calon Taruna DP-III Nautika Politeknik Pelayaran Banten asal Kalianda, Lampung Selatan. Dijumpai Koropak usai kegiatan Proses Satu Atap yang digelar di Auditorium Kampus Politeknik Pelayaran Banten, Senin (29/7/2019), Kartika mengaku bangga anaknya memiliki tekad kuat untuk menjadi pelaut dan memilih Poltekpel Banten.

"Awalnya cukup mengejutkan ketika mengetahui anak saya ingin menjadi seorang pelaut, karena untuk menjadi pelaut itu perlu mental yang kuat. Namun, sebagai orangtua tentunya harus mendukung penuh cita-citanya menjadi seorang pelaut yang andal dan mengarungi lautan," ujarnya.

 

 

koropak.co.id - Dukungan Penuh Orangtua, Calon Taruna Poltekpel Banten Kejar Cita-Cita (2)

 

Baca : Diklat Pembangunan Karakter Calon Taruna Poltekpel Banten Diresmikan

 

Kartika juga menganggap bahwa Poltekpel Banten merupakan sekolah terbaik serta terpercaya dalam mencetak SDM kelautan yang andal, kompeten, dan berdaya saing.

"Apa yang selama ini ditakutkan oleh para orangtua seperti saya, adalah perilaku Bullying yang dilakukan kakak kelas terhadap adik kelasnya. Namun, pimpinan Poltekpel Banten sudah menjelaskan bahwa di sini tidak ada perpeloncoan dan mereka akan menjaga hal tersebut tidak akan terjadi. Jadi saya pun merasa yakin untuk menyekolahkan anak saya di sini," katanya.

Sejak kecil, kata Kartika, anaknya memang memiliki cita-cita ingin menjadi pelaut. Terlebih jika melihat silsilah, kakeknya merupakan seorang pelaut.

"Untuk itu, sebagai orang tua saya berharap, setelah lulus dari sini, anak saya bisa menjadi SDM kelautan sesuai dengan apa yang diinginkannya," ucapnya.

 

 

koropak.co.id - Dukungan Penuh Orangtua, Calon Taruna Poltekpel Banten Kejar Cita-Cita (3)

 

Baca : Gaet 50 Perusahaan, Lulusan Poltekpel Banten Langsung Berkarir

Sementara itu, Sambas, ayah dari M. Nafis Rizki Saputra Calon Taruna DP-IV Nautika asal Bekasi, mengaku terkejut kala Nafis yang merupakan lulusan Tsanawiyah ingin bersekolah di pelayaran, bahkan tidak berminat untuk melanjutkan ke jenjang SMA.

"Sebagai orangtua, tentunya saya akan selalu mengikuti dan mendukung keinginan anak. Saya sendiri mulanya berniat untuk memasukan anak saya ke pondok pesantren. Namun anak saya lebih memilih untuk sekolah pelayaran. Alhamdulillah, setelah survey ke mana-kemana, akhirnya memutuskan untuk memilih Poltekpel Banten," ucapnya.

Diakui Sambas, para orangtua pun menaruh harapan besar kepada Poltekpel Banten untuk mendidik anaknya menjadi seseorang insan kelautan kompeten kelak saat lulus.

"Harapannya, setelah menjadi pelaut nanti entah menempati posisi jabatan apakah sebagai Nachoda ataupun Mualim di dunia pelayaran kelak, yang terpenting tetap muslim. Artinya, tetap memiliki jiwa muslim serta taat beribadah 5 waktu walaupun sedang berada di atas kapal," katanya.*

 

Baca pula : Tingkat Kepercayaan Tinggi, Poltekpel Banten Jadi Lembaga Pendidikan Kelautan Favorit

 


Berita Terkait