Tuntas, Ribuan Warga di Sukarame Garut Bisa Nikmati Air Bersih

Kamis, 08 Agustus 2019 17:52 Dedi Sofwan Desa

Tuntas, Ribuan Warga di Sukarame Garut Bisa Nikmati Air Bersih

 

Koropak.co.id - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) merupakan program andalan nasional yang bertujuan meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupat Garut H. Helmi Budiman, saat meresmikan pembangunan program Pamsimas di Desa Sukarame, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (7/8/2019).

Dikatakan Helmi, saat ini masyarakat Sukarame dengan mayoritas bermatapencaharian petani, sudah bisa langsung menikmati air bersih sampai ke rumah.

"Dalam laporan yang kami terima dari Kepala Desa, proses pengerjaan Pamsimas ini melibatkan masyarakat secara swadaya. Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang begitu aktif dalam membantu menyukseskan program Pamsimas," ucapnya.

Kendati program Pamsimas telah selesai, kata Wakil Bupati, diimbau agar masyarakat dapat menjaga kesehatan lingkungan. Masyarakat diharap bukan hanya menikmati air besihnya, namun juga bisa menjaga sanitasinya.

"Pembangunan Pamsimas merupakan beantuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang baik bagi masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan," ujarnya.

Helmi mengatakan air merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, Oleh karena itu pihaknya berupaya membangun fasilitas air bersih sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan air yang memenuhi standar kesehatan.

 

 

Tuntas, Ribuan Warga di Sukarame Garut Bisa Nikmati Air Bersih

 

Baca : Banyak BUMDes Tidak Optimal, Hanya Jadi Syarat Pencairan Dana Desa


Sementara itu, Kepala Desa Sukarame Yanti Susilawati mengatakan, pembangunan sarana air bersih baru bisa terwujud pada tahun 2019, dengan anggaran yang diperoleh melalui APBN di bantu Dana Desa dan swadaya masyarakat.

"Baru tahun ini Pamsimas bisa terlealisasi padahal sudah diprogramkan sejak tahun 2016," ucapnya.

Adanya Pamsimas, kata Yanti, telah membuat ribuan masyarakat yang terdapat di 9 RW di Sukarame sudah bisa langsung menikmati air bersih di rumahnya masing-masing. Bahkan, air bersih tersebut dialirkan ke seluruh tempat ibadah yang ada di Sukarame.*

 

Baca pula : Tuntas Direnovasi, Kantor di Garut Ini Siap Optimalkan Pelayanan