Tahun Ajaran Baru, Ponpes Persis Benda Siapkan Tahfidz Quran

Kamis, 08 Agustus 2019 20:09 Dede Hadiyana Daerah

Tahun Ajaran Baru, Ponpes Persis Benda Siapkan Tahfidz Quran

 

Koropak.co.id - Memulai tahun ajaran baru, Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) kembali menggelar program Haflah Injaz Dauroh Tahfidz Al-Quran yang digelar di komplek Pondok Pesantren Persis, Jalan Cisalak Benda Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, yang ditutup Kamis (8/8/2019).

Dalam kegiatan yang diikuti 863 santri tersebut, penyelenggara kegiatan, H. Arif menuturkan, program Haflah Injaz Dauroh Tahfidz Al-Quran merupakan program rutin yang digelar setiap tahunnya, tepatnya pada awal tahun ajaran baru untuk membimbing para santri dalam menghafal Alquran.

"Saat ini, Ponpes Persis Benda menyiapkan 37 Muhafiz dan 34 Muhafizah. Serta ada juga 17 Muharik laki-laki dan 14 Muharik perempuan yang bertugas menjadi koordinator kelompok," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Tahun Ajaran Baru, Ponpes Persis Benda Siapkan Tahfidz Quran (4)

 

Baca : Silaturahmi PD Persis Kota Tasikmalaya

Kepala Pondok Pesantren Persis Benda yang sekaligus Ketua Panitia dan Penanggung Jawab kegiatan, H. Asep Abdul Hamid, S.Pd., M.Ag., mengatakan, untuk proses Haflah Injaz Dauroh Tahfidz Al Quran, Ponpes Persis mengarantina para santri selama 38 hari dan para santri hanya akan disibukkan dengan membaca serta menghafal Al-Quran dengan metode penghafalan menggunakan cara setoran hafalan. Namun sebelum menghafal, para santri diwajibkan mengkhatamkan Al-Quran sebanyak dua kali terlebih dulu.

"Guna mempercepat proses tersebut, Ponpes Persis Benda menargetkan agar para santri mampu membaca 2 Juz per-harinya. Sehingga, untuk dua kali khatam hanya dibutuhkan waktu enam hari. Hal ini juga dilakukan agar mereka lebih mudah dan lancar dalam membaca serta menghafal Alquran," katanya.

Ditambahkan Asep, setelah mengkhatamkan Alquran sebanyak dua kali, barulah para santri mulai menghafal dan menyetorkannya kepada muhafiz dan muhafizah. Hafalan yang disetorkan tersebut mereka lakukan dengan tujuh kali halakah dalam sehari. *

 

Baca pula : Pemuda Persis Kota Tasikmalaya Tentukan Ketua Baru