Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tasikmalaya Meningkat 130 Persen

Jum'at, 09 Agustus 2019 10:14 D. Farhan Kamil Daerah

Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tasikmalaya Meningkat 130 Persen

 

Koropak.co.id - Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto, mengatakan, hingga awal bulan Agustus ini, tercatat ada 51 kasus kekerasan terhadap anak yang sudah ditangani KPAID. Dari jumlah tersebut ada yang masuk ke wilayah hukum Polres Tasikmalaya kota dan juga wilayah hukum Polres Tasikmalaya.

"Kasus-kasus dengan korban anak-anak tersebut, ada yang masih dalam tahap penyidikan, proses persidangan di PN Tasikmalaya dan juga ada yang sudah vonis," kata Ato, seusai acara talks show bersama Kak Seto di gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (8/8/2019).

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya terang Ato, jumlah kasus pada tahun ini meningkat sekitar 130 persen. Peningkatan tersebut seiring dengan meningkatnya kepedulian dan perhatian masyarakat terhadap kondisi anak-anak serta adanya keberanian masyarakat untuk melaporkan kasus-kasus tersebut.

 

 Koropak.co.id - Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tasikmalaya Meningkat 130 Persen (2)

 

Baca : Bahayanya Games Kekerasan Untuk Anak


Ditambahkan, dari sekian banyak kasus dengan korban anak-anak yang ditangani KPAID, didominasi oleh kasus kekerasan seksual. "Jumlah sangat besar," ucapnya.

Lebih lanjut Ato mengatakan, kegiatan talk show dengan tema "kita jaga anak, esok anak jaga kita", diharapkan dapat menggugah kembali orang tua untuk lebih menyayangi serta memperhatikan anak-anaknya dengan lebih serius dan fokus.

"Kasus-kasus anak yang telah kita tangani, 90 persennya berangkat dari pola asuh yang tidak tepat. Maka melalui momentum hari anak nasional ini, Kita mengajak kepada seluruh orang tua untuk kembali ke rumah dan menyayangi anak-anak lebih serius dan tulus," ujarnya.*

 

Baca : Kak Seto Ajak Warga Jawa Barat Bangkitkan Kembali Permainan Tradisional


Berita Terkait