Inilah Adab Menyembelih Hewan Kurban Iduladha yang Benar

Jum'at, 09 Agustus 2019 19:37 Erni Nur'aeni Nasional

Inilah Adab Menyembelih Hewan Kurban Iduladha yang Benar

 

Koropak.co.id - Menjelang Iduladha yang diperingati pada Minggu (11/8/2019) mendatang, hampir di setiap Dewan Kemakmuran Masjid di setiap daerah telah membentuk panitia penyembelihan hewan kurban. Namun, tahukah ada adab dan etika dalam menyembelih hewan kurban? Berikut Koropak telah menyiapkan rangkuman adab dalam menyembelih hewan kurban sebagaimana diulas salah seorang dokter hewan, drh. Supriyanto, M.VPH.

1. Hanya ikat empat kaki hewan kurban
Dalam menyembelih hewan kurban, sangat dianjurkan untuk mengikat hewan kurban cukup pada keempat kakinya saja. Serta tidak perlu memasukan kayu ke sela kaki hewan kurban yang kemudian diinjak beramai-ramai karena akan mengakibatkan hewan kesakitan.

 

Koropak.co.id - Inilah Adab Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha yang Benar

2. Jangan tindih hewan kurban
Disarankan agar tidak menindih, menduduki, dan menginjak yang menyebabkan hewan kurban kesakitan. Jangan pula menutup mulut dan hidung sehingga hewan kesulitan bernafas.

 

Koropak.co.id - Inilah Adab Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha yang Benar (4)

3. Hindari perlakuan kasar kepada hewan kurban
Perlakuan kasar pada hewan kurban sebelum dipotong seperti pemukulan, menindih, menginjak, hingga menduduki, malah akan menyebabkan hewan kurban stres. Sedangkan hewan kurban yang stres akan membuat kualitas dagingnya menurun. Dalam dagingnya akan terdapat memar, dan daging tampak gelap serta kering.

 

Koropak.co.id - Inilah Adab Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha yang Benar (5)

 

4. Jangan sembelih di depan hewan kurban lainnya
Tidak disarankan melakukan penyembelihan di depan hewan kurban lainnya karena hal tersebut akan menyebabkan hewan menjadi stres yang ditandai dengan kencing serta buang air berkali-kali.

 

5. SPG jadi guide penjual hewan kurban
Satu hal unik lainnya dari tradisi kurban, beberapa tahun lalu sempat viral tempat penjualan hewan kurban yang menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG). Tempat penjualan bernama "Mal Hewan" ini berlokasi di Jalan Akses Universitas Indonesia (UI) Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Para SPG tersebut mengenakan pakaian ala koboi, serta membawa sebuah gawai untuk memberitahukan rincian data sapi, jenis sapi, bobot hingga harga kepada pelanggan.*

 

Baca pula : Aneka Makanan Populer Saat Lebaran

 


Berita Terkait