Salat Id di Ciamis Berlangsung Khidmat dan Sarat Makna

Minggu, 11 Agustus 2019 10:32 Ahmad Mukhlis Daerah

Salat Id di Ciamis Berlangsung Khidmat dan Sarat Makna

 

Koropak.co.id - Pelaksanaan Salat Iduladha di Alun-Alun Ciamis, Jawa Barat, Minggu (11/8/2019) berjalan khidmat dan tertib Ribuan muslimin khusyuk mendengarkan khutbah oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Ciamis KH. Agus Abdul Kholik, yang memaparkan hikmah penyembelihan kurban.

Menurut Agus, semangat Iduladha mengambil inspirasi dan spirit perjalanan Nabi Ibrahim dan Ismail.

"Penyembelihan hewan kurban adalah wasilah pendekatan diri kepada Allah SWT, caranya dengan membuang rasa memiliki dan menumbuhkan kerelaan untuk berkorban. Muaranya menjadi orang soleh di mata Allah, yakni kesalehan pribadi karena sudah mampu menjalankan ritual penyembelihan," ujar Agus.

Selain bermakna kesalehan pribadi, kata Agus, di balik Iduladha ini ada dimensi kesalehan sosial kemasyarakatan. Daging kurban harus menjadi sarana memupuk kesalehan sosial karena masih banyak kaum muslimin yang hidup kekurangan. Bahkan masih ada sebagian orang yang belum merasakan nikmatnya makan daging.

"Oleh sebab itu, jadikan daging kurban untuk merajut mereka, kita berbagi kebahagiaan dengan sesama. Ini inti kesalehan yang diharapkan dari Iduladha. Nabi Ibrahim telah memberikan keteladanan bagaimana kesalehan vertikal dan horizontal beririsan langsung dalam kehidupan muslimin," ujar Agus.

 

Koropak.co.id - Sholat Ied di Ciamis Berlangsung Khidmat dan Sarat Makna (2)

 

Baca : Sambut Iduladha Danlanud Serahkan Bantuan Hewan Kurban

Usai khutbah dan prosesi Salat Iduladha, Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, diwakili H. Wawan S Arifin menerima penyerahan hewan kurban seekor sapi dari Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya. Penyerahan dilakukan secara simbolis di hadapan para pejabat Pemkab Ciamis dan Ketua MUI Ciamis, KH Ahmad Hidayat.

Menurut Bupati Herdiat, makna Iduladha adalah bagaimana memupuk solidaritas sosial untuk kemajuan masyarakat. Ikatan sosial hanya bisa kuat manakala ditopang oleh kesalehan sosial kaum muslimin.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis mengucapkan selamat Iduladha. Mari kita pupuk terus semangat kesalehan sosial setelah kita meraih kesalehan ritual," ujar Herdiat.*

 

Baca : Jemaah Salat Id Meluber Hingga Ke Jalan Raya, Arus Lalu Lintas Alihkan 

 


Berita Terkait