Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Terjaga Kualitasnya

Minggu, 11 Agustus 2019 18:38 Erni Nur'aeni Nasional

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Terjaga Kualitasnya

 

Koropak.co.id - Tradisi yang senantiasa dilakukan saat Iduladha adalah menyembelih hewan kurban seperti sapi atau domba. Banyak cara mengolah daging kurban tersebut, salah satunya dengan dibakar.

Namun ketika daging menumpuk dan tidak dapat diolah secara bersamaan, maka haruslah disimpan di lemari es. Tapi, banyak yang salah dalam menyimpannya dan berakibat menurun kualitas daging tersebut.

Untuk itu, Koropak telah menyiapkan beberapa cara menyimpan daging agar tidak menurunkan kualitasnya:

1. Cuci hanya saat hendak dimasak

Sebelum disimpan, alangkah baiknya jika daging qurban tidak dicuci terlebih dahulu. Sebab jika dicuci menggunakan air keran maka kuman-kuman akan masuk, kemudian tinggal di dalam pori-pori daging. Hal tersebut dapat merusak kualitas daging, sehingga cucilah daging hanya ketika akan dimasak.

 

Baca : Manfaatkan Momentum Iduladha Dengan Celah Peluang Bisnis Ini

2. Potong hingga ukuran kecil

Jika mendapatkan daging banyak, jangan menyimpan daging secara utuh di dalam freezer. Cara yang benar adalah dengan memotong-motong daging sampai berukuran kecil. Lalu simpan di dalam plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika ingin memasaknya cukup ambil satu kantong kecil, dan biarkan yang lainnya tetap beku di dalam freezer.

3. Jangan cairkan daging beku dengan air panas

Ketika akan memasak daging beku jangan mencairkan daging beku menggunakan air panas. Hal yang benar yaitu letakkan daging beku tersebut di bawah air keran dengan suhu normal masih dalam keadaan terbungkus rapat dalam plastik. Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging sampai bersih lalu tiriskan daging sebelum siap dimasak.

4. Jangan gunakan kresek hitam

Untuk membungkus daging jangan memakai kresek warna hitam karena plastik hitam merupakan hasil daur ulang, yang mengandung karsinogen yang dapat memacu sel kanker. Lebih disarankan gunakan kresek putih atau plastik bening.*

 

Baca pula : Inilah Adab Menyembelih Hewan Kurban Iduladha yang Benar

 


Berita Terkait