Tidak Biasanya! Masjid Agung Ciamis Hanya Menerima 2 Ekor Sapi Kurban

Senin, 12 Agustus 2019 19:06 Ahmad Mukhlis Daerah

Tidak Biasanya! Masjid Agung Ciamis Hanya Menerima 2 Ekor Sapi Kurban

 

Koropak.co.id - Masjid Agung Ciamis hanya menerima 2 ekor sapi kurban pada hari raya Iduladha 1440 Hijriah. Salah satunya sapi titipan Bupati Ciamis Herdiat. Dalam sejarah kurban di Ciamis, baru kali ini Masjid Agung Ciamis hanya menerima 2 ekor hewan kurban.

"Sebagai masjid dengan level kabupaten, tidak seharusnya Masjid Agung Ciamis hanya ada 2 ekor hewan kurban. Ini bisa menimbulkan banyak tafsir, apakah umat Islam yang kurang minat nitip hewan kurban ke Masjid Agung Ciamis atau karena situasi ekonomi umat Islam yang lagi susah?," ujar Ustaz Basuni, Pengasuh Pesantren Sabilurrosyad Jatinegara, Ciamis Jawa Barat kepada Koropak, Senin (12/8/2019).

Menurut Basuni, setiap Iduladha ada ribuan masyarakat yang antri daging kurban di Masjid Agung Ciamis. Ini pertanda masih banyak umat Islam yang belum beruntung bisa makan daging. Momentum Iduladha adalah saat perbaikan gizi bagi masyarakat yang tidak mampu membeli daging.

"Kejadian menyembelih hanya 2 ekor hewan kurban di Masjid Agung Ciamis harus menjadi bahan pemikiran para pengurus DKM Masjid Agung Ciamis. Tumbuhkan minat berkurban di Masjid Agung sebagai simbol semaraknya Iduladha di tingkat kabupaten," ujar Basuni.

 

 

Koropak.co.id - Tidak Biasanya! Masjid Agung Ciamis Hanya Menerima 2 Ekor Sapi Kurban (2)

 

Baca : Jemaah Salat Id Meluber Hingga ke Jalan Raya, Arus Lalu Lintas Alihkan

Berdasarkan catatan tradisi masa lalu, Masjid Agung Ciamis biasanya menerima titipan hewan kurban dari para pejabat tinggi di kabupaten. Selain hewan kurban dari Bupati Ciamis, biasanya ada titipan hewan kurban dari Ketua DPRD Ciamis, anggota DPRD, pejabat eselon II, Kapolres, Kajari dan Dandim 0613 Ciamis. Selebihnya titipan dari kaum muslimin sekitar Kota Ciamis.

Salah seorang pengurus DKM Masjid Agung Ciamis, Dr Asep Saiful Rahmat, saat dikonfirmasi masalah jumlah hewan kurban yang sedikit, memilih tidak berkomentar.

"Kami hanya mengolah hewan kurban yang ada untuk disebarkan ke masyarakat yang datang ke Masjid Agung. Alhamdulillah semuanya tertangani dengan baik," ujar Asep.*

 

Baca pula : Sholat Ied di Ciamis Berlangsung Khidmat dan Sarat Makna

 


Berita Terkait