Perputaran Uang Hingga Rp 1 Milyar, Dewan Sebut PKL Pahlawan Ekonomi

Selasa, 13 Agustus 2019 20:22 Clara Aditia Parlemen

Perputaran Uang Hingga Rp 1 Milyar, Dewan Sebut PKL Pahlawan Ekonomi

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ichwan Shafa menilai adanya penertiban PKL di kawasan batu andesit yang berada di sekitar Taman Kota Tasikmalaya merupakan dampak dari kebijakan pemerintah.

Hal itu disampaikan Ichwan kepada Koropak selepas audiensi yang digelar di Ruang Banmus DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (13/8/2019).

"Alhamdulillah audiensi lancar. Mereka mengeluhkan nasib mereka soal mata pencaharian mereka yang terusik dengan kebijakan pemerintah. Dalam menanggapi permasalahan ini, kami mendorong pemerintah untuk bisa mengapesiasi permasalahan mereka, dan memberikan solusi supaya mereka bisa ditata dan ditertibkan sehingga mereka bisa berjualan lagi dengan tertib dan bisa menjaga sikap saling menghormati hak orang lain," katanya.

Memang, kata Ichwan, tugas pemerintah dalam menata PKL tidaklah gampang. Dibutuhkan waktu dan pemikiran yang luar biasa, karena permasalahan PKL ini tidak hanya terjadi di Kota Tasikmalaya, namun juga di seluruh wilayah di Indonesia.

 

 

Koropak.co.id - Perputaran Uang Hingga Rp 1 Milyar, Dewan Sebut PKL Pahlawan Ekonomi (2)

 

Baca : Siapkan Relokasi PKL, Dewan Akan Hubungi Bupati Tasikmalaya

"Namun kami menyebut para PKL merupakan pahlawan ekonomi, karena mereka tetap bisa fight di tengah kondisi ekonomi yang labil. Pertumbuhan perekonomian mereka yang cukup tinggi dapat menekan inflasi," tuturnya.

Namun, kata Ichwan, diimbau juga kepada para PKL untuk tetap bisa menghormati kebijakan, serta hak dan kewajiban pihak lain. PKL harus mempunyai pemahaman yang sama sehingga antara PKL dan pemerintah tidak saling menyalahkan, tapi bagaimana mereka saling menopang sehingga maksud baik para PKL dalam berdagang menafkahi keluarga dapat berjalan nyaman dan tenang.

"Pada intinya, pemerintah harus segera memberikan solusi kepada para PKL, dan bagi para PKL harus mau dan bisa ditata oleh pemerintah. Di sini, kehadiran pemerintah sangat penting dalam penataan PKL di Kota Tasikmalaya," ujar Ichwan.*

 

Baca pula : Pemerintah Tidak Konsisten, Penataan PKL Tak Kunjung Tuntas

 

 

 


Berita Terkait