Jelang Revolusi Industri 4.0, Garut Siapkan Wisata Digital

Selasa, 13 Agustus 2019 21:14 Dedi Sofwan Daerah

Jelang Revolusi Industri 4.0, Garut Siapkan Wisata Digital


Koropak.co.id - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengatakan Pasar Wisata Digital yang digelar di Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, Kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat merupakan salah satu strategi yang tepat dalam memasarkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

"Apalagi sekarang memasuki era Industri 4.0 yang menuntut digitalisasi di semua sektor. Tentu terjadi persaingan global dalam hal memasarkan destinasi wisata tersebut. Kami harus siap menghadapinya," ucap Wabup kepada Koropak selepas membuka perhelatan Pasar Wisata Digital kali ke-2 yang digelar di Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, Desa Sukatani , Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

Dikatakan Wabup di era serba digital sekarang, setiap orang bisa menjadi pemasar wisata. Salah satu contoh ketika mereka berkunjung ke salah satu tempat wisata, lalu mereka berfoto atau berselfie kemudian diupload ke media sosial, otomatis tempat wisata yang mereka upload akan menyebar ke masyarakat.

"Itu merupakan strategi lainnya yang kami lakukan dalam memasarkan destinasi wisata yang ada di Garut," ujarnya.

Menurut Wabup hal itu bisa terjadi kalau Pemkab Garut dan segenap stake holder terkait bisa membuat konsep yang nantinya bisa membuat penasaran para wisatawan untuk berkunjung.

 

 

Koropak.co.id - Jelang Revolusi Industri 4.0, Garut Siapkan Wisata Digital (2)

 

Baca : Pasar Wisata Digital Situ Bagendit Bakal Jadi Destinasi Unggulan Garut

"Salah satunya kita harus memberikan informasi yang tepat dan benar kepada masyarakat tentang tempat wisata. Seperti informasi tentang keindahan, kenyamanan dan keamanan tempat wisata tersebut sehingga akan membuat para pengunjung akan betah dan tinggal lebih lama tidak hanya cukup satu hari," ucapnya.

Faktor lain yang bisa membuat para wisatawan betah tinggal di Garut, kata Wabup, yakni harus adanya sarana yang memadai, di antaranya fasilitas hotel, rumah makan dan adanya atraksi atraksi seni.

"Untuk Garut sendiri semua sarana tersebut sudah ada dan sangat memadai, tinggal kita lebih optimal dalam hal pengelolaannya termasuk dalam hal memasarkannya," tuturnya.*

 

Baca pula : Sanggar Angklung Sabilulungan Harap Janji Bupati Garut Dapat Segera Direalisasikan

 


Berita Terkait