Enam Kepala Daerah Komitmen Tingkatkan Pariwisata Dengan Kebudayaan

Selasa, 13 Agustus 2019 21:39 Erni Nur'aeni Daerah

Enam Kepala Daerah Komitmen Tingkatkan Pariwisata Dengan Kebudayaan

 

Koropak.co.id - Enam kepala daerah se-Priangan Timur menandatangani perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) yang dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Jalan Sutisna Senjaya Nomor 19 Tawang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

Enam kepala daerah tersebut Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Penandatanganan kesepakatan tersebut sebagai salah satu upaya mengangkat potensi pariwisata dan nilai budaya di masing-masing daerah.

Kepada Koropak, Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman mengatakan kerjasama tersebut akan dapat terwujud seiring dengan komitmen serta tanggungjawab kepala daerahnya.

"Kerjasama ini merupakan salah satu mimpi yang sudah lama untuk bergandengan membentuk kolaborasi pariwisata terintegrasi. Ini yang kita sebut sebagai 'One Stop Preanger Tourism' dengan memanfaatkan potensi pariwisata di setiap daerah," kata Budi.

Meskipun akan banyak tantangan, kata Walikota, pelaksanaannya akan dibantu dengan dukungan komunitas, penggiat seni, pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sektor-sektor lain yang berkaitan.

 

 

Koropak.co.id - Enam Kepala Daerah Komitmen Tingkatkan Pariwisata Dengan Kebudayaan (3)

 

Baca pula : Disepakati Strategi Pengendalian Inflasi

"Tindak lanjutnya yakni memanfaatkan potensi-potensi budaya yang ada menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah, komunitas, seniman, dan UKM untuk menghadirkan kreativitas serta inovasi yang dapat ditampilkan. Kerjasama ini juga turut menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) guna mendukung akomodasi," katanya.

Hal ini, kata Walikota, tentunya akan menjadi sebuah komitmen bersama 6 pemerintah, karena setiap daerah mempunyai kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya Kota Tasikmalaya yang tidak mempunyai pegunungan ataupun pantai, namun memiliki industri kreatif sehingga dengan kolaborasi ini dapat memberikan motivasi bersama untuk mencipatakan pariwisata dengan penuh nilai-nilai kebudayaan.

"Kami sampaikan terimakasih kepada Bank Indonesia karena telah mengakomodir serta menginisiasi kegiatan pariwisata terintegrasi Priangan Timur tersebut. Kota Tasikmalaya tidak mempunyai laut, atau gunung seperti di daerah lainnya sehingga sangat membutuhkan kolaborasi tersebut, untuk saling mempromosikan potensi wisata di daerah yang beragam," katanya.

 

Baca pula : BI Gelorakan Masyarakat Peduli Inflasi

 


Berita Terkait