Ratusan PKL Garut Kepung Dewan Saat Paripurna Pelantikan

Selasa, 13 Agustus 2019 22:29 Dedi Sofwan Parlemen

Ratusan PKL Garut Kepung Dewan Saat Paripurna Pelantikan


Koropak.co.id - Dalam Rapat Paripurna Pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Garut masa bakti 2019-2024, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tergabung dalam Pedagang Kaki Lima Garut (PKLG) mendatangi Kantor Bupati Garut di jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

Massa menuntut Pemkab Garut agar membatalkan rencana untuk merelokasi para PKL di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Jalan Ahmad Yani Garut. Pemkab Garut beralasan relokasi merupakan bagian dari revitalisasi Alun-alun untuk mempercantik jantung Garut Kota.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Garut (FMPG) yang juga sebagai koordinator aksi, Rawing Rantek, menuturkan sikap Pemkab Garut untuk tetap merelokasi PKL merupakan bentuk arogansi yang tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat kecil seperti PKL.

“Para PKL merasa sudah berkali-kali bertemu dengan bupati, bahkan berdemo namun pemerintah tetap melakukan relokasi," ucap Rawink.

 

 

Koropak.co.id - Ratusan PKL Garut Kepung Dewan Saat Paripurna Pelantikan (2)

 

Baca : Bupati Garut, Harga Mati Kawasan Ahmad Yani Zona Merah PKL

Rawink berharap, Pemkab Garut mengkaji ulang Perda Nomor 12 Tahun 2015 tentang K3. Pihaknya menilai Perda tersebut banci dan tidak sesuai dengan RUTR Kota.

"Pasalnya, dalam Pasal 8 hurup j disebutkan, menggunakan badan jalan untuk  tempat usaha, kecuali yang ditempatkan untuk lokasi PKL terjadwal dan terkendali sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” ucap Rawing.*

 

Baca pula : Partai Golkar dan Gerindra Raih 8 Kursi di DPRD Kabupaten Garut