Bank Indonesia Optimis Ekonomi Tumbuh Melesat Melalui Pariwisata

Selasa, 13 Agustus 2019 23:01 Erni Nur'aeni Daerah

Bank Indonesia Optimis Ekonomi Tumbuh Melesat Melalui Pariwisata


Koropak.co.id - Penandatanganan MoU "One Stop East Preanger Tourism" oleh 6 kepala daerah di Priangan Timur yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Jalan Sutisna Senjaya Nomor 19 Tawang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019) merupakan menjadi salah satu upaya meningkatkan pertumbuhan pariwisata.

Kepada Koropak, Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan, untuk mendukung sebuah pertumbuhan perekonomian di suatu daerah tidak harus selalu dengan eksport komoditi barang atau lainnya. Namun juga dapat dilakukan dengan pertumbuhan ekonomi yang berbasis sektor jasa dan salah satunya terdapat sektor pariwisata.

"Kami melihat ekonomi global tersebut tidak hanya selalu dengan eksport komoditas, namun juga bagaimana membangun ekonomi berbasis sektor jasa dan salah satunya melalui sektor pariwisata," katanya.

Dikatakan Heru, di Priangan Timur terdapat berbagai potensi kekayaan wisata yang luar biasa mulai dari gunung, curug, air terjun, laut, sampai kekayaan kuliner. Termasuk juga industri kreatif seperti kerajinan bordir, payung geulis, hingga kelom geulis.

"MoU yang dilaksanakan oleh 6 kepala daerah ini menunjukkan suatu komitmen yang luar biasa untuk bekerjasama mendukung sektor pariwisata didaerahnya secara terintegrasi dalam suatu jaitan paket yaitu paket wisata Priangan Timur," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Bank Indonesia Optimis Ekonomi Tumbuh Melesat Melalui Pariwisata (2)

 

Baca : Disepakati Strategi Pengendalian Inflasi


Dengan paket wisata terintegrasi tersebut, diharap political will mengembangkan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata akan terimplementasi.

"Hal penting adalah infrastruktur di sektor pariwisatanya, sehingga akan mendukung upaya promosi pariwisata tersebut secara terintegrasi," ujarnya.

Setelah penandatangan kerjasama tersebut, Bank Indonesia akan melaksanakan persentasi guna menyampaikan arah dan pengembangan industri kepada negara-negara tetangga guna mempromosikan potensi wisata dan pendukungnya seperti pertanian, perdagangan, hingga akomodasi.

"Tetangga kita seperti Malaysia, Thailand ataupun Vietnam sudah sangat sedemikian majunya dari pariwisata. Kita yang lebih kaya potensinya dibanding mereka pasti lebih bisa. Optimis dan kerjasama ini menjadi langkah awal yang baik serta mengembangkan pariwisata," tuturnya.*

 

Baca pula : Enam Kepala Daerah Komitmen Tingkatkan Pariwisata Dengan Kebudayaan

 


Berita Terkait