Mengenal Sejarah dan Perkembangan Paskibraka Nasional

Rabu, 14 Agustus 2019 14:20 Eris Kuswara Nasional

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Paskibraka Nasional


Koropak.co.id - Paskibraka merupakan tim khusus yang mengemban amanah negara. Bahkan melalui tim ini, bendera pusaka merah putih mampu berkibar tinggi. Sebagai lambang kebesaran negara, bendera merah putih mempunyai makna sangat luas yang menggambarkan kesucian sekaligus sebagai simbol kemerdekaan Indonesia terhadap gempuran penjajah. Oleh karena itu, pengibaran bendara merah putih pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Diketahui terdapat sejumlah aturan yang harus dilakukan ketika mengibarkan bendera merah putih. Terlebih lagi pada saat upacara bendera pusaka di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus dan salah satu syaratnya adalah harus dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Berbicara mengenai sejarahnya, pada awalnya kelompok Paskibraka ini dibentuk oleh Mayor M. Husein Muhatar yang merupakan ajudan Presiden Soekarno. Dia diminta Soekarno untuk mempersiapkan acara HUT RI ke-2 pada pada tahun 1946 lalu mulai dari prosesi pengibaran bendera pusaka hingga pembacaan teks proklamasi. Demi menyukseskan acara tersebut, maka dia membentuk satu kelompok pengibar bendera, yang kala itu dinamakan Pasukan Pengerek Bendera Pusaka.

 

 

Koropak.co.id - Mengenal Sejarah dan Perkembangan Paskibraka Nasional (3)

 

Baca : Gali Potensi Non Akademik Dengan Ekstrakulikuler

Pasukan inilah yang nantinya akan membawa dan mengibarkan bendera merah putih pada saat upacara bendera dilaksanakan di halaman Gedung Agung Yogyakarta sebelum kini berpindah ke Jakarta. Namun dikarenakan masalah transportasi, Muhatar pun tidak dapat menjaring seluruh pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia untuk bergabung dalam tim pengibar.

Sehinggga dia menunjuk 5 orang pemuda asal Yogyakarta yang terdiri dari 3 orang putri dan 3 orang putra untuk mengibarkan bendera. Sejak saat itulah, setiap kali upacara bendera di hari kemerdekaan Indonesia, para Paskibraka Nasional tersebut ditugaskan untuk mengibarkan Sang Bendera Pusaka. Sementara untuk syarat menjadi anggota paskibraka tidaklah mudah.

Diketahui, anggota Paskibraka ini terdiri dari para pemuda dan pemudi, siswa dan siswi SMA atau sederajat yang terpilih dari seluruh daerah di Indonesia. Mereka yang mendaftarkan diri untuk menjadi seorang Paskibraka Nasional harus melalui seleksi yang ketat mulai dari psikotes, tes parade, tes baris berbaris, tes kesehatan, tes pengetahuan umum hingga wawancara.

Bahkan, sebelum melalui tahapan tersebut, calon Paskibraka juga akan melalui tahap seleksi di sekolahnya masing-masing. Menurut Peraturan Menpora Republik Indonesia Nomor 0065 Tahun 2015, rekruitmen Paskibraka ini dilakukan dalam tiga jenjang yakni tingkat kabupaten dan kota, provinsi, dan nasional.*

 

Baca pula : Menuju HUT ke-58, Inilah Sejarah Pramuka di Indonesia