Saka Wira Kartika Tampilkan Debus di Hari Pramuka Nasional

Rabu, 14 Agustus 2019 18:56 Wanda Kurnia Daerah

Saka Wira Kartika Tampilkan Debus di Hari Pramuka Nasional

 

Koropak.co.id - Hari Pramuka Nasional ke-58 tingkat Kota Tasikmalaya diperingati melalui Apel yang digelar di Lapangan Upacara Balekota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).

Dalam apel tersebut, Saka Wira Kartika binaan H. Enceng Suryana yang merupakan Babinsa dari Koramil Pageurageung menampilkan atraksi debus yang memukai peserta upacara. H. Enceng menuturkan aksi debus yang ditampilkan oleh Saka Wira Kartika merupakan salah satu budaya Sunda yang mesti dilestarikan.

"Aksi debus ini menggunakan tenaga dalam dan melatih pernapasan. Jadi harus dilakukan dengan konsentrasi, menyatukan hati dan pikiran. Dalam permainan ini tidak ada istilah mitos atau sebagainya, karena permainan ini menggunakan tenaga dalam," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Saka Wira Kartika Tampilkan Debus di Hari Pramuka Nasional (1)

 

Baca : Gerakan Pramuka Diharap Membawa Kemajuan Bagi Daerah

Selain permainan yang ditampilkan dalam upacara Hari Pramuka Nasional tersebut, Enceng juga akan menampilkan aksi debus lainnya seperti bacok golok, hingga makan paku, yang diiringi permainan kendang.

"Bahkan ke depan akan banyak permainan permainan toya atau double stick karena saya bisa memainkannya saat belajar dari Satria Muda Indonesia di Bogor. Tujuannya melestarikan budaya yang hampir punah," ujarnya

Dalam menjaring anak didik, Enceng mengaku biasa merangkul para anak jalanan, preman dan anak terlantar sebagai bimbingan agar mereka akan mempunyai kepercayaan diri dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

"Bahkan kami juga ajarkan mereka beribadah, memperbaiki ahlaknya. Alhamdulillah mereka semua nurut," ucapnya.*

 

Baca pula : Hari Pramuka, Refleksi Tingkatkan Minat Milenial Tekuni Pramuka