Video Viral Banjir Menerjang Jemaah Haji di Mina Hebohkan Netizen

Rabu, 14 Agustus 2019 20:47 Eris Kuswara Nasional

Video Viral Banjir Menerjang Jemaah Haji di Mina Hebohkan Netizen

 

Koropak.co.id - Beberapa waktu lalu beredar video viral mengenai banjir yang diduga terjadi di Mina dan menerpa para jemaah haji. Namun kebenaran dari video yang beredar di media sosial dan menjadi viral ini pun masih dipertanyakan. Kementerian Agama pun segera memberikan penjelasan mengenai video yang sedang viral tersebut.

Melalui siaran langsung Facebook, Rabu (14/8/2019) Kepala Daerah Kerja Mekkah Kementerian Agama, Subhan Cholid membenarkan kejadian yang terjadi di Mekkah dan Mina yang sempat diguyur hujan deras pada Senin (12/8/2019). Subhan juga turut menanggapi video banjir di Mina itu dengan membantahnya dan langsung memberikan klarifikasi.

"Hujan deras yang terjadi pada waktu itu sebenarnya tidak menyebabkan banjir. Hal sebenarnya yang terjadi akibat hujan deras itu adalah adanya genangan di beberapa titik dan tidak sampai membuat para jemaah haji keluar dari tenda seperti yang ada pada video yang beredar di media sosial," katanya.

 

Koropak.co.id - Video Viral Banjir Menerjang Jemaah Haji di Mina Hebohkan Netizen 2

 

Baca : Viral! Pria Keturunan Perancis Jadi Seorang Taruna Akmil TNI

Bahkan saat hujan berlangsung, pihak keamanan setempat juga mengimbau agar para jemaah haji untuk tetap berada di tenda. Akibat hujan deras tersebut, aliran listrik di beberapa tempat termasuk di kantor maktab yang merupakan kantor yang mengatur urusan ibadah haji sempat dipadamkan.

"Ada beberapa maktab yang listriknya dimatikan untuk menghindari konslet akibat genangan air," kata Subhan.

Diberitakan sebelumnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan rombongan jemaah haji yang berbondong-bondong berjalan menerjang banjir setinggi hampir selutut orang dewasa. Banjir tersebut juga turut menerpa sebuah terowongan, tampak dalam video itu para jemaah haji dikepung banjir dan sedang keluar dari terowongan dengan dibantu para petugas berompi oranye.

Ditambahkan Subhan, jemaah haji asal Indonesia saat ini dalam kondisi yang baik dan tidak ada yang mengalami kerugian atau sakit. Subhan juga mengaku tidak mengetahui kebenaran waktu dan lokasi banjir dalam video yang beredar tersebut.

"Video-video yang beredar di media sosial itu entah kapan kejadiannya," ujarnya.*

 

Baca pula : Buntut Pemadaman Listrik Massal, PLN Akan Ganti Kerugian Pelanggan

 


Berita Terkait