Bawaslu Ciamis Jadikan HUT Sebagai Momentum Evaluasi Kinerja

Rabu, 14 Agustus 2019 21:41 Ahmad Mukhlis Daerah

Bawaslu Ciamis Jadikan HUT Sebagai Momentum Evaluasi Kinerja

 

Koropak.co.id - HUT Bawaslu Ciamis ke-1 yang diperingati pada Rabu (14/8/2019) dimeriahkan dengan kegiatan syukuran dan ramah tamah. Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya hadir memberikan ucapan selamat.

"Selamat. Semoga Bawaslu senantiasa menjadi lembaga yang amanah dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu di tingkat daerah," katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan mengatakan makna ulang tahun bagi Bawaslu adalah introspeksi diri dan syukur nikmat karena pelaksanaan tugas Bawaslu bisa berjalan sesuai harapan. Memang kinerja Bawaslu pasti tidak akan memuaskan semua pihak, tapi dari semua perkara yang masuk bisa diselesaikan dengan tepat tepat waktu.

"Ada banyak pengaduan yang tidak bisa berlanjut karena tidak terpenuhi unsur hukumnya. Sedangkan yang terpenuhi unsurnya sudah divonis sesuai aturan yang berlaku," ujar Uce.

Kinerja Bawaslu, ucap Uce, bukan hanya mengawasi tapi juga menindak setiap pelanggaran Pemilu. Pasti dalam penindakan ada saja yang tidak bisa terima dengan legowo. Ini sebuah dinamika dalam pelaksanaan tugas Bawaslu.

 

 

Koropak.co.id - Bawaslu Ciamis Jadikan HUT Sebagai Momentum Evaluasi Kinerja (3)

 

Baca : Kinerja Diragukan Massa Kepung Bawaslu Ciamis

 

"Kami menyadari belum sempurna dalam bekerja, namun kami setidaknya sudah melakukan yang terbaik selama setahun bertugas. Ke depan kami akan memperbaiki kualitas kinerja agar Bawaslu tak sekadar lembaga tanpa wibawa," ujar Uce.

Menurut Uce, peran Bawaslu ke depan adalah lembaga yang akan melaksanakan pendidikan pemilu dalam bidang pengawasan berbasis masyarakat. Kelak masyarakat yang akan mengawasi langsung dan Bawaslu menjadi lembaga peradilan pemilu.

"Nanti Bawaslu akan menjadi peradilan khusus pemilu, sehingga fungsi kepengawasan diserahkan kepada masyarakat. Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kelak masyarakat makin siap, " ujar Uce.*

 

Baca pula : Kinerja Bawaslu Ciamis Meragukan AMS Unjuk Rasa

 

 


Berita Terkait